Dekranasda akan bina perajin di Barito Utara

id dekranasda barut,perajin anyaman,barito utara,kalteng

Dekranasda akan bina perajin di Barito Utara

Ketua Dekranasda Barito Utara Sri Hidayati didampingi Kadis Nakertrankop dan UKM M Mastur melihat langsung para pengrajin anyaman, pada pelatihan vokasional kerajinan anyaman bagi pelaku usaha mikro dan kecil di Muara Teweh, Senin (27/9/2021).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Ketua Dekranasda sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Barito Utara Sri Hidayati menyambut baik dengan diadakannya pelatihan vokasional kerajinan menganyam bagi pelaku usaha mikro dan kecil di daerah setempat.

"Saya selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Barito Utara dengan adanya pelatihan ini, saya sangat mendukung sekali, semoga kedepannya lebih maju lagi perajin-perajin kita," katanya di Muara Teweh, Selasa.

Menurut dia, kedepannya para perajin anyaman ini akan dibina oleh Dekranasda Kabupaten Barito Utara.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada ibu Kadis Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kalteng yang dengan semangatnya dan susah payah perjananan beliau ke Barito Utara melewati Banjarmasin dengan semangatnya untuk mengembangkan para UKM-UKM agar lebih berkembang lagi, maju lagi untuk ekspor dan impor di luar negeri  dan kancah internasional," kata dia. 

Semetara Kepala Dinas Koperasi UKM Kalimantan Tengah Ati Mulyati mengatakan ditengah pandemi COVID-19 ini untuk UMKM diharapkan tetap bangkit. 

"Dengan bangkitnya mereka, artinya bisa mensejahterakan keluarganya," kata Ati.

Dikatakan Kadis Koperasi dan UKM Kalteng ini, pelatihan yang dilaksanakan hari ini adalah pelatihan vokasional yang menggabungkan teori dan praktik sehingga para perajin mempunyai pengetahuan baru.

"Pelatihan ini menggabungkan teori dan praktik agar pengrajin kita  mempunyai pengetahuan yang baru baik dari model maupun desainnya,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan kedepannya Kabupaten Barito Utara memiliki brand (merek) sendiri dikarenakan bahan baku yang mudah didapat. 

"Bahan baku yang dari Kecamatan Gunung Purei Lampeong itu sangat menarik dan juga cukup halus," ucapnya.

Ati  juga mengatakan, ibu Bupati sudah menyambut baik dan sudah lama memiliki program ini sudah lama tinggal merealisasikan. 

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat Hj Sri Hidayati bisa mewujudkan apa yang menjadi hayalan beliau selama ini," katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Kabupaten Barito Utara dengan adanya perajin di Kecamatan Gunung Purei Desa Lampeong itu sudah sangat luar biasa. Kalau ini bisa terealisasi bisa masuk di dalam UKM ekspor.

"Harapan saya untuk Kabupaten Barito Utara ini memperoleh dana DAK sendiri dan Insya Allah akan kita usahakan dengan Kementerian, Barito Utara memegang anggaran sendiri supaya tepat sasaran, pesertanya, pelatihnya itu betul-betul bisa memberikan  pembelajaran keterampilan yang  bisa mewujudkan para perajin ini menjadi lebih semangat lagi," ujarnya.