Diskominfo Kalteng fokus memerhatikan KIM pada 2022

id Pemprov kalteng, diskominfo kalteng, agus siswadi, kim kalteng, kelompok informasi masyarakat, kominfo, kalteng

Diskominfo Kalteng fokus memerhatikan KIM pada 2022

Plt Kadiskominfosantik Kalteng Agus Siswadi (kiri) menyerahkan buku KIM kepada Kadiskominfopersantik Katingan Muhammad Hasrun, Kasongan, Rabu, (29/9/2021). (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Salah satu yang menjadi fokus Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2022 mendatang adalah memerhatikan perkembangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

"Tahun 2022 kami fokus memerhatikan KIM dan diharapkan di kabupaten juga aktif dengan kegiatan KIM," kata Pelaksana Tugas Kadiskominfosantik Kalteng Agus Siswadi saat dihubungi dari Palangka Raya, Kamis.

KIM merupakan kelompok yang dibentuk oleh, dari dan untuk masyarakat yang secara mandiri serta kreatif mengelola informasi untuk pemberdayaan masyarakat.

Menurut Agus, KIM juga dapat dikatakan sebagai kelompok masyarakat yang aktif mengelola dan menyebarkan informasi kepada masyarakat lainnya secara swadaya.

Untuk itu sebagai upaya meningkatkan kualitas KIM di Kalteng, secara bertahap pihaknya melakukan kunjungan KIM binaan kabupaten dan kota di Kalteng.

Salah satunya yakni pada Rabu (29/9) pihaknya baru saja mengunjungi KIM binaan Kabupaten Katingan. Selain bertemu dengan KIM disana, turut mendampingi Kepala Diskominfopersantik Katingan Muhammad Hasrun.

"Saat ini kami secara bertahap dan bergantian meninjau KIM yang ada di daerah lainnya di Kalteng," ungkapnya.

Disampaikannya, berjalannya kegiatan KIM menjadi salah satu indokator Kominfo yang sifatnya terukur. Untuk itu diharapkan KIM yang ada di Kalteng dapat ditingkatkan serta terus berkembang kedepannya.

Diakuinya pembinaan KIM dalam beberapa waktu terakhir kurang optimal karena terkendala pemangkasan anggaran akibat adanya pandemi COVID-19. Namun demikian pihaknya tetap berupaya maksimal dalam pembinaan tersebut.

"Kedepan kami juga ingin KIM bisa lebih dikembangkan lagi, khususnya pada hal-hal yang lebih modern," jelas Agus Siswadi.

Sementara itu Kepala Seksi Kemitraan Komunikasi Publik Elyanie menyampaikan, hingga saat ini sudah ada sebanyak enam kabupaten dan kota di Kalteng yang melaksanakan pembinaan terhadap KIM.

"Kedepan kami upayakan agar terkait KIM ini bisa lebih digencarkan lagi," tuturnya.