Katingan pusatkan Panen Jagung Nusantara di wilayah Hampangen

id Pemkab katingan, kasongan, dinas pertanian katingan, yossya, kalteng panen jagung nusantara

Katingan pusatkan Panen Jagung Nusantara di wilayah Hampangen

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Yossya berfoto bersama penyuluh pertanian usai mengikuti kegiatan Panen Jagung Nusantara, Rabu (29/9/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Katingan)

Kasongan (ANTARA) - Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah mengikuti Panen Jagung Nusantara yang dilaksanakan secara virtual serentak di seluruh Indonesia.

"Acara ini digelar oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Yossya di Kasongan, Jumat.

Yossya menjelaskan kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional setiap tanggal 24 September.

"Untuk Katingan, kegiatan dilaksanakan dipusatkan di kebun jagung Desa Hampangen Kecamatan Tasik Payawan, Rabu (29/9)," terangnya.

Kegiatan itu juga bertujuan untuk memastikan dan mengoptimalkan produksi dalam negeri, guna memenuhi kebutuhan bahan pakan ternak dalam negeri secara mandiri.

Penetapan 24 September sebagai Hari Tani tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Soekarno Nomor 169 Tahun 1963. Penetapan Hari Tani Nasional merupakan suatu pemuliaan tertinggi terhadap masyarakat tani Indonesia.

Pemilihan 24 September sebagai Hari Tani Nasional bertepatan dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA).

Panen Raya Jagung Nusantara ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia yang dipusatkan di Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah yang dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo, serta diikuti kabupaten dan kota seluruh Indonesia secara virtual.

Syahrul menyampaikan beberapa hal tentang potensi di bidang pertanian, diantaranya ketahanan pangan merupakan penopang suatu bangsa, pertanian merupakan salah satu sumber kekuatan suatu bangsa, pertanian sebagai penguat ekonomi dan lainnya lagi.