Bamperda DPRD Kalteng dampingi Pansus tuntaskan Raperda Energi

id Ketua Bapemperda DPRD Kalimantan Tengah, Maruadi, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalimantan Tengah, Kalteng, Raperda Energi

Bamperda DPRD Kalteng dampingi Pansus tuntaskan Raperda Energi

Ketua Badan Pembentukan Rancangan Peraturan Daerah DPRD Kalimantan Tengah Maruadi. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Badan Pembentukan Rancangan Peraturan Daerah DPRD Kalimantan Tengah Maruadi memastikan bahwa pihaknya, siap bersinergi dan mendampingi Panitia Khusus Energi DPRD Kalteng dalam menyelesaikan rancangan peraturan daerah berkaitan dengan Energi.

"Kami juga siap mendampingi Pansus Energi melakukan konsultasi dengan Dewan Energi Nasional serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), kata Maruadi di Palangka Raya, kemarin.

Menurut wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau itu, keberadaan Raperda Energi yang sedang dibahas DPRD bersama pemprov, sangat penting untuk segera dituntaskan demi ketersediaan energi, khususnya listrik di provinsi ini.

Dia mengatakan dalam rangka penyempurnaan, khususnya menyangkut kewenangan pemerintah pusat dan daerah, maka perlu juga dikonsultasikan ke sejumlah pihak, baik kementerian, Dewan Energi Nasional serta lainnya.

"Raperda Energi Daerah ini bisa cepat di sahkan, sehingga dapat ditindaklanjuti bersama dalam rangka sebagai dasar dalam upaya memperkuat energi di Kalteng," kata Maruadi.

Baca juga: Pansus DPRD: Penyelesaian tata batas Kalteng-Kalbar tunggu Pusat

Dia mengungkapkan Bamperda DPRD Kalteng telah menjadikan Raperda Energi, sebagai salah satu prioritas atau agenda yang penting. Sebab, sampai sekarang ini Kalteng masih kekurangan energi, salah satunya energi listrik untuk bisa menjangkau desa-desa terpencil.

"Apalagi, seperti yang disampaikan Ketua DPRD Kalteng, masih ada sekitar 117 desa di provinsi ini belum dialiri listrik. Kondisi ini harus mendapat perhatian serius, agar segera dialiri listrik," kata Maruadi.

Sebelumnya, Pimpinan dan Anggota DPRD Kalteng melakukan pertemuan dengan Anggota Komisi 7 DPR RI Willy M Yoseph bersama Dewan Energi Nasional, PT PLN, PT Pertamina dan Pemprov Kalteng. Dalam pertemuan itu, dibahas berbagai kondisi energi sekaligus listrik di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini.

Baca juga: Bertemu PLN, Ketua DPRD Kalteng minta 117 desa segera dialiri listrik

Baca juga: Fraksi PDIP desak DPRD Kalteng segera selesaikan tiga raperda