Festival Seni dan Qasidah menjadi sarana pembinaan generasi muda

id Pemprov kalteng, festival seni dan qasidah, lasqi, qasidah, kasidah, islam, muslim, wagub edy pratowo, kalteng

Festival Seni dan Qasidah menjadi sarana pembinaan generasi muda

Wagub Kalteng Edy Pratowo membuka Festival Seni dan Qasidah VIII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2021, Palangka Raya, Kamis (7/10). (ANTARA/HO-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Festival Seni dan Qasidah VIII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2021 dinilai memiliki peran strategis sebagai bagian dalam pembinaan umat.

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di Palangka Raya, Kamis (7/10) malam, mengatakan, melalui festival seni budaya Islam dengan lantunan syair dan religius yang edukatif, dapat lebih memotivasi para remaja sebagai generasi penerus.

"Ini menjadi alat paling praktis dan persuasif dalam membendung limbah informasi yang merusak moral dan untuk memberikan manfaat bagi segenap lapisan umat," katanya saat membacakan sambuatan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat membuka festival secara virtual.

Agar seni budaya Islam ini bisa terus dikembangkan, para seniman muslim di Kalteng diharapkan bisa lebih banyak berdiskusi dan bertukar informasi, sehingga kreativitas yang dimiliki bisa terus ditingkatkan namun tetap berpegang pada nilai-nilai ajaran Islam.

"Kami harapkan seni qasidah ini mampu bersaing dengan kesenian lainnya, serta selalu mendapatkan tempat di hati para penggemarnya," tuturnya.

Dijelaskannya, melalui Lasqi, kesenian ini pihaknya minta terus dikembangkan, dipacu serta tingkatkan kualitasnya, sebab memiliki misi yang juga cukup jelas yakni seni sebagai media dakwah.

Untuk itu penyelenggaraan Festival Seni dan Qasidah VIII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2021 bukan hanya sebatas kompetisi atau mencari juara saja, tetapi juga sebagai sarana meningkatkan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap seni qasidah sebagai perwujudan perpaduan budaya yang religius dengan budaya lokal untuk menumbuhkembangkan dan melestarikan budaya yang sudah ada dan berkembang sejak lama.

Festival ini merupakan khazanah seni budaya religius dan wahana penting bagi umat Islam dari berbagai daerah untuk menjalin silaturahmi, komunikasi membangun kebersamaan serta persaudaraan.

Dalam festival yang diselenggarakan DPW Lembaga Seni Qasidah Indonesia atau Lasqi ini, dihadiri secara virtual oleh bupati dan wali kota, jajaran Lasqi serta lainnya.