Meningkatkan literasi digital para guru di Kapuas

id Literasi digital, makin cakap digital, siberkreasi, kominfo, kapuas, kalteng, kalimantan tengah

Meningkatkan literasi digital para guru di Kapuas

Gambar tangkapan layar Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Kapuas, Rabu, (13/10/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah melalui Webinar Indonesia Makin Cakap Digital mendorong para guru di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah untuk terus meningkatkan literasi digital.

Menurut Bawden, literasi digital lebih banyak dikaitkan dengan keterampilan teknis mengakses, merangkai, memahami, serta menyebarluaskan informasi, kata Dosen Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur Ahmad Zamzamy saat menjadi narasumber webinar untuk wilayah Kapuas, Rabu.

"Untuk itu di era digital seperti sekarang ini, guru setidaknya wajib menguasai beberapa hal, salah satunya adalah pengetahuan tentang diri sendiri," jelasnya.

Selain itu hal lain yang harus dikuasai adalah pengetahuan tentang siswa, kompetensi sebagai pendidik, pengetahuan tentang mata pelajaran, keterampilan pembelajaran berbasis teknologi, hingga etika digital.

Adapun beberapa jenis media pembelajaran yang bisa dikombinasikan para guru sesuai kebutuhannya masing-masing, yakni berupa teks, audio, visual, gambar bergerak, hingga miniatur atau objek manipulatif.

Cara belajar pun, dijelaskannya dapat dilakukan dengan berbagai hal, seperti mendengarkan, membaca, mendiskusikan ide, melakukan praktik, meneliti dan lainnya.

"Semua itu dapat didukung dengan kemajuan teknologi informasi, misalnya dengan melakukan pencarian di internet, eksperimen virtual dan simulasi, serta lainnya," ungkapnya.

Ahmad pun mengingatkan tentang sebuah ungkapan, yakni metode lebih penting dibandingkan materi, guru lebih penting dibandingkan metode, serta jiwa seorang guru lebih penting dibandingkan seorang guru.

Diharapkan para guru terus meningkatkan literasi digital yang dimiliki, untuk mewujudkan pembelajaran yang semakin baik dan optimal, khususnya di era digital maupun pandemi COVID-19.

Sementara itu, kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati Kapuas Nafiah Ibnor ini, juga menghadirkan narasumber lainnya, seperti Kepala Biro LKBN ANTARA Kalimantan Tengah Rachmat Hidayat, Ketua HMI Kapuas Ariadi, serta seorang publik figur Nadya Diptya.

Materi yang dibahas juga cukup beragam seputar digitalisasi, meliputi kecakapan digital, keamanan digital, etika digital, hingga budaya digital.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021