Pemkab Bartim sediakan tempat UMKM di RTH Nansarunai

id Pemkab bartim, umkm bartim, tempat berjualan umkm rth nansarunai, rth nansarunai, bupati bartim, ampera ay mebas, kalteng

Pemkab Bartim sediakan tempat UMKM di RTH Nansarunai

Sejumlah pelaku UMKM berjualan di pinggir jalan dekat Ruang Terbuka Hijau Nansarunai yang sedang dalam tahap pembangunan pintu gerbang di Tamiang Layang, Rabu (13/10). (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas menegaskan, pihaknya tetap berkomitmen meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).



“Kami akan menyediakan 32 tempat untuk UMKM di areal Ruang Terbuka Hijau (RTH) Nansarunai di Jalan Nansarunai, Tamiang Layang,” kata Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Rabu.



Menurutnya, pelaku UMKM yang berada di jalur hijau , khususnya di depan RTH Nansarunai di pinggiran jalan akan ditiadakan. Mereka diminta menempati tempat yang akan disediakan.



Pemkab Barito Timur membangun RTH Nansarunai dengan dilengkapi berbagai fasilitas olahraga seperti lapangan tenis indoor, bulu tangkis, bola basket, bola voli, panjat tebing, futsal dan alat olahraga fitnes seperti bangku perut, penekan kaki, sepeda statis, alat menarik beban. Di RTH Nansarunai juga menyediakan wahana bermain anak-anak.



RTH Nansarunai dibangun bertujuan untuk meningkatkan kualitas generasi muda di bidang olahraga dan sebagai tempat menghilangkan penat, stres hingga relaksasi tubuh atau beristirahat. Selain itu, sebagai tempat kegiatan daerah seperti festival maupun lainnya.



Pagi dan sore hari, anak-anak hingga orang dewasa sering memanfaatkan fasilitas olahraga di RTH Nansarunai untuk berolahraga bola basket, bola voli, panjat tebing, bulutangkis, fitnes dan tenis.



“Saat ini sedang dilaksanakan pembangunan gerbangnya. Untuk petak UMKM nanti akan dibuat sederhana namun memiliki ciri khas daerah,” terangnya.



Sedangkan pengelolaannya akan diserahkan sepenuhnya ke Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Barito Timur, dengan harapan bisa dikelola dengan baik serta menjadi sumber pendapatan daerah.


Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021