Bupati Bartim minta kades manfaatkan Program Sidamping

id Pemkab bartim, program sidamping, kejaksaan bartim, pemdes bartim, bupati bartim, ampera ay mebas, kajari bartim, daniel panannangan, kalteng

Bupati Bartim minta kades manfaatkan Program Sidamping

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas meminta para kepala desa di wilayah setempat memanfaatkan Program Sidamping untuk membangun desa.



“Sidamping adalah Program Kejari Barito Timur untuk pendampingan dalam hal perdata dan tata usaha negara, agar pelaksanaan Program APBDes bisa berjalan baik untuk pembangunan desa,” kata Ampera di Tamiang Layang, Rabu.



Menurutnya, kepala desa bisa memanfaatkan peranan dari jaksa di bidang perdata dan tata usaha negara melalui Program Sidamping dalam pembangunan, sehingga apa yang direncanakan pada anggaran desa untuk pembangunan berjalan maksimal.



Selain itu, dalam pengelolaan anggaran desa yang sudah baik, bisa ditingkatkan lagi sehingga ada perbaikan ke arah positif dan beberapa desa berprestasi dari tahapan kemajuan dalam pengelolaan pencairan lebih cepat serta bisa memfokuskan arah pembangunan.



“Dengan Program Sidamping, keteledoran maupun kelalaian aparat desa dalam melaksanakan roda pemerintahan bisa ditekan,” jelasnya.



Ditambahkan orang nomor satu di Pemkab Barito Timur itu, peranan jaksa dalam pendampingan bisa memberikan pendapat hukum atau legal opinion tentang tindakan-tindakan yang berdampak kaitannya dengan hukum kepada aparatur desa.



Menurutnya, Pemkab Barito Timur telah memprakarsai rekrutmen perangkat desa sistem 'Computer Assisted Test' (CAT), agar tidak terjadi kolusi di tingkat pemerintah desa.



Pemkab Barito Timur, kata dia, juga terus memacu program-program desa, serta keterbukaan dalam hal pengelolaan keuangan seperti siskeudes dan Aset.



“Yang kita harapkan yakni terlaksananya pemerintahan desa yang baik dengan satu tujuan yakni mewujudkan Barito Timur sehat dan cerdas,” tegasnya.



Dia juga memberikan instruksi kepada para camat untuk mengarahkan seluruh kepala desa yang ada di wilayah masing-masing dan menjelaskan Program Sidamping yang dilaksanakan Kejari Barito Timur.



Sementara itu Kajari Barito Timur, Daniel Panannangan mengatakan, pihaknya berkomitmen berpartisipasi membangun Barito Timur sehat, cerdas dan sejahtera dengan peran jaksa dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat.



“Siapa pun yang meminta pendampingan melalui Program Sidamping, kami selalu siap,” demikian Daniel Panannangan.


Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021