Wali Kota Palangka Raya minta santri tetap aktif antisipasi penyebaran COVID-19

id Pemkot palangka raya, wali kota fairid naparin, santri, hari santri, pesantren, pandemi, covid 19, palangka raya, kalteng

Wali Kota Palangka Raya minta santri tetap aktif antisipasi penyebaran COVID-19

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin (kiri) menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional 2021 yang digelar Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Anshor di kota setempat, Sabtu (23/10/2021). (ANTARA/HO-Prokom Palangka Raya)

Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Fairid Naparin mengajak seluruh santri yang ada di kota setempat tetap aktif terlibat dalam upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Meski saat ini status PPKM kita turun dari level 3 ke level 2, namun prokes harus tetap diterapkan secara ketat oleh seluruh masyarakat, tak terkecuali para santri dan pengasuh pondok pesantren" kata Fairid di Palangka Raya, Sabtu.

Pernyataan tersebut diungkapkan kepala daerah termuda di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah itu saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional 2021 yang digelar Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Anshor di kota setempat.

Fairid mengatakan, sejak dahulu santri memiliki peran fundamental dan strategi dalam pelaksanaan pembangunan bangsa termasuk untuk upaya meningkatkan kualitas diri dan khazanah keilmuan serta akhlak seseorang dalam bermasyarakat.

"Untuk itu saya kembali mengajak para santri di Palangka Raya semakin aktif terlibat dalam pembangunan daerah," ucapnya.

Diantara bentuk keterlibatan tersebut menurut Fairid, seperti dengan selalu terus disiplin dan patuh protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID-19.

Dia menambahkan, dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19 seluruh elemen masyarakat memiliki tanggung jawab yang sama, tak terkecuali para santri dan pondok pesantren.

"Jangan sampai karena kita abai atau lalai, penurunan status level PPKM serta penurunan kasus penyebaran COVID-19 kembali naik. Kondisi saat ini harus kita pertahankan bersama-sama," katanya.

Pada kesempatan itu Fairid pun meminta para santri meneladani sikap Nabi Muhammad SAW yang salah satunya dengan citra diri sebagai bagian dari keluarga pesantren yang mampu menjadi contoh dan panutan bagi masyarakat, minimal di lingkungan keluarga dan sekitarnya.

Dia pun mengajak para santri menunjukkan citra sebagai generasi muda berkualitas, berkapasitas dan berintegritas yang mampu bersaing di tengah perkembangan dan tantangan kemajuan zaman.