Legislator Kapuas dorong pemerintah libatkan RT dalam vaksinasi

id Dprd kapuas, yetti indriana, kuala kapuas, vaksinasi, covid 19, kalteng

Legislator Kapuas dorong pemerintah libatkan RT dalam vaksinasi

Legislator Kabupaten Kapuas, Yetti Indriana. (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Legislator Kapuas, Kalimantan Tengah,Yetti Indriana, mendorong pemerintah kabupaten setempat, agar memaksimalkan peran atau melibatkan Ketua Rukun Tetangga (RT) dalam vaksinasi COVID-19.

"Ketua RT perlu dilibatkan, sebab mereka yang mengetahui warganya yang sudah divaksin dan belum divaksin," kata Yetti Indriana di Kuala Kapuas, Selasa.

Nantinya, lanjutnya, mereka (Ketua RT) yang melakukan pendataan terhadap warga, dibantu pemerintah desa atau kelurahan, serta kecamatan di wilayahnya masing-masing.

Saran dan masukan yang diberikan politisi Partai Gerindra ini, sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam pencapaian target vaksinasi COVID-19.

Berdasarkan data yang diperoleh, capaian vaksinasi COVID-19 di kabupaten setempat masih di bawah 40 persen, sehingga diharapkan bisa dioptimalkan lagi pelaksanaannya, agar dapat membentuk 'herd imunity' atau kekebalan kelompok.

"Ini demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19, khususnya di Kapuas sehingga diharapkan pandemi bisa segera berakhir," katanya.

Selain itu, katanya, juga perlu dukungan seluruh elemen, mulai dari tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, organisasi perempuan dan pemuda untuk mendorong percepatan vaksinasi COVID-19 dengan mengajak masyarakat sekitarnya.

"Dengan begitu, target capaian vaksinasi COVID-19 di Kapuas, kami harapkan tercapai sesuai harapan bersama, demi Kapuas menuju zona hijau," terangnya.

Menurut wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kapuas II meliputi Kecamatan Basarang, Kapuas Barat dan Mantangai ini, peran semua pihak sangat diharapkan untuk mendukung percepatan vaksinasi COVID-19.

"Jadi tidak hanya pemerintah, TNI-Polri maupun tenaga kesehatan saja, namun peran semua pihak sangat diharapkan dalam percepatan vaksinasi COVID-19 di Kapuas, agar berjalan optimal," demikian Yetti Indriana.