Mewujudkan masyarakat yang sigap dan cermat dalam ruang digital

id Literasi digital, Indonesia makin cakap digital, pemkab barsel, buntok, barito selatan, bupati eddy raya samsuri, geranakan nasional literasi digital

Mewujudkan masyarakat yang sigap dan cermat dalam ruang digital

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Barsel, Senin, (25/10/2021). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengharapkan agar masyarakat memaksimalkan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital untuk bisa meningkatkan kemampuan yang dimiliki.

Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri dalam kegiatan webinar, Senin, mengharapkan melalui kegiatan tersebut masyarakat di kabupaten setempat semakin sigap dan cermat dalam ruang digital.

"Literasi digital kepada masyarakat ini, kami yakini memberikan banyak dampak positif," kata Eddy Raya.

Literasi digital menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi masyarakat, untuk mengimbangi perkembangan teknologi informasi yang kian pesat.

Pemkab mendukung penuh kegiatan yang merupakan bagian dari gerakan literasi digital nasional tersebut, terlebih salah satunya sebagai upaya menekan penggunaan internet 'tidak sehat'.

Hal ini selaras dengan harapan Presiden Joko Widodo, yakni memperbanyak hal-hal positif atau konten bermanfaat pada ruang digital.

Eddy Raya menilai, pemanfaatan internet tidak sehat hingga saat ini masih saja kerap terjadi, salah satu contohnya yakni seperti penyebaran hoaks.

"Hal seperti ini perlu kita tanggulangi bersama karena memberikan banyak dampak negatif," jelasnya.

Adapun dalam webinar kali ini sejumlah narasumber yang dihadirkan, seperti seorang konten kreator Anna Rachmawati, Kepala SMA Negeri 1 Buntok Mayani, hingga Wakil Kepala Bidang Sarana Prasarana SMA Negeri 1 Buntok Nuriati.

Materi yang dibahas cukup beragam, mulai dari etika digital, budaya digital, keamanan digital, hingga kecakapan digital.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021