UMPR dorong dosen aktif publikasikan buku akademik ber-ISBN

id Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, FKIP UMPR, Kalimantan Tengah, UMPR, Kalteng, publikasi buku

UMPR dorong dosen aktif publikasikan buku akademik ber-ISBN

FKIP UMPR melaksanakan pelatihan dan publikasi buku akademik atau referensi ber-ISBN dari hasil riset produk penelitian dosen khususnya di Prodi Pendidikan Ekonomi di Palangka Raya, belum lama ini. ANTARA/HO-FKIP UMPR

Palangka Raya (ANTARA) - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (FKIP-UMPR), Kalimantan Tengah, terus berupaya mendorong para dosen setempat secara berkala menerbitkan dan mempublikasikan buku hasil akademik bernomor standar buku internasional (ber-ISBN).

"Publikasi yang dihasilkan oleh dosen ini berupa buku hasil penelitian ber-ISBN dan anggota IKAPI khususnya bagi dosen program studi Pendidikan Ekonomi," kata Dekan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMPR Hendri MPd di Palangka Raya, Selasa.

Dia mengatakan buku hasil penelitian yang disusun dosen akan memberikan kontribusi untuk kemajuan diri dosen dan juga menjadi salah satu tolak ukur kualitas lembaga sebagai institusi Pendidikan tinggi.

"Luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berupa buku hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pembelajaran," katanya.

Dengan begitu, lanjut dia, beberapa karya tersebut diharapkan juga mendapatkan rekognisi nasional maupun internasional dan dapat diterapkan oleh masyarakat.

"Dari hasil laporan LP2M setempat yang menunjukkan pada bahwa dosen masih rendah dalam menghasilkan publikasi buku hasil penelitian yang ber ISBN dan masuk anggota IKAPI," katanya.

Dia menambahkan penulisan buku hasil penelitian yang masih rendah dan pelaksanaan masih perlu dikembangkan agar menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas bagi institusi, daerah dan bangsa.

"Untuk itu kami pada 11-13 Oktober lalu kami melaksanakan pelatihan dan publikasi buku akademik atau referensi ber-ISBN dari hasil riset produk penelitian dosen khususnya di Prodi Pendidikan Ekonomi," katanya.

Baca juga: UMPR-Disdik Kalteng latih guru susun pembelajaran berbasis multimedia

Peserta pelatihan dan publikasi buku akademik atau referensi ber-ISBN dari hasil riset produk penelitian dosen ini diikuti sejumlah dosen di Jurusan Ilmu Pendidikan Ekonomi FKIP UMPR.

Dia pun berharap melalui pelatihan tersebut para dosen memahami dan mampu untuk Menyusun dan mempublikasikan buku hasil penelitian yang ber ISBN dan anggota IKAPI pada bidang teknologi informasi.

"Luaran dari kegiatan ini para dosen diminta untuk menyusun naskah buku hasil penelitian dan bisa mempubliskannya di penerbit yang beranggota IKAPI," katanya.

Baca juga: UMPR dorong para dosen terbitkan buku hasil penelitian