Bersiap hadapi ANBK, SD di Gumas lakukan gladi bersih

id gunung mas,Bersiap hadapi ANBK, SD di Gumas lakukan gladi bersih, Esra,berita kalteng

Bersiap hadapi ANBK, SD di Gumas lakukan gladi bersih

Plt Kepala SD Negeri 1 Kuala Kurun Desmilawati memantau pelaksanaan gladi bersih ANBK di SMP Negeri 1 Kuala Kurun, Senin (1/11/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Esra melalui Kepala Bidang SD dan SMP Silpanus mengatakan 178 SD di kabupaten setempat akan mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

“Sebelum mengikuti ANBK, SD di Gumas dipersiapkan dengan melakukan berbagai hal, salah satunya adalah gladi bersih ANBK,” ucapnya saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Senin.

Dia menjelaskan, gladi bersih dibagi menjadi empat gelombang. Untuk gelombang I dan II dilaksanakan mulai 25-28 Oktober 2021, sedangkan gladi bersih gelombang III dan IV dilaksanakan mulai 1-4 November 2021.

Pelaksanaan ANBK, tutur dia, dibagi menjadi empat gelombang. Gelombang I dan II dilaksanakan mulai 15-18 November 2021, sedangkan gelombang III dan IV dilaksanakan mulai 22-25 November 2021.

Baca juga: Legislator Gumas berharap sinode mampu majukan Resort GKE Tewang Pajangan

Dia menyebut bahwa ke 178 SD tersebut terdiri dari SD negeri dan swasta. Dalam pelaksanaannya sebagian melakukan ANBK secara mandiri, ada juga yang mandiri dan ditumpangi, serta menumpang.

Dia pun berharap pelaksanaan ANBK SD di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar, serta bisa meraih hasil sesuai harapan.

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala SD Negeri 1 Kuala Kurun Desmilawati mengatakan pihaknya melaksanakan gladi bersih di SMP Negeri 1 Kurun mulai 1-2 November 2021.

Gladi bersih, sambung dia, diikuti oleh 30 peserta didik kelas V dengan lima peserta didik cadangan. Jika ada dari 30 peserta didik tidak bisa mengikuti gladi, maka yang bersangkutan akan digantikan oleh peserta didik cadangan.

Lebih lanjut, SD Negeri 1 Kuala Kurun memang belum memiliki laboratorium komputer, sehingga untuk pelaksanaan gladi bersih dan ANBK mereka menumpang di SMP Negeri 1 Kurun.

“Dengan adanya gladi bersih ini kami berharap para peserta didik siap menghadapi ANBK. Untuk SD Negeri 1 Kuala Kurun akan mengikuti ANBK mulai 22-25 November 2021 mendatang,” jelas Desmilawati.

Baca juga: Bupati Gumas dorong pemanfaatan teknologi dalam pelayanan keagamaan

Baca juga: Bupati Gumas: Utamakan asas manfaat dari sebuah perlombaan

Baca juga: Perusahaan swasta diminta serap hasil panen pokdakan di Gumas