Wabup Barut ingatkan kepada warga agar selalu waspada banjir

id banjir barut,wakil bupati,pantau banjir,barito utara,kalteng

Wabup Barut ingatkan kepada warga agar selalu waspada banjir

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik, Rizali Hadi dan Kasi Logoistik dan Peralatan pada BPBD Barito Utara Hasnan saat memantau banjir dalam kota Muara Teweh, Kamis (4/11/2021).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra mengingatkan kepada seluruh warga  agar selalu waspada terhadap bencana banjir yang saat ini tengah melanda di beberapa kecamatan di daerah setempat.

"Saat ini banjir sudah merendam beberapa Kecamatan yang ada di DAS Barito,” kata Sugianto Panala Putra saat melakukan pemantauan banjir di beberapa tempat di dalam kota Muara Teweh, Kamis. 

Menurut Wabup, berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Utara, beberapa ruas jalan protokol dalam kota Muara Teweh Kecamatan Teweh Tengah sudah direndam banjir dengan ketinggian air yang berpariasi.

Sedangkan untuk Kecamatan Teweh Baru di Kelurahan Jambau Rt 05 Manggala ketinggian air mencapai 120 centimeter. Demikian juga Juking Hara Kelurahan Jambu.

Wabup juga menjelaskan, Kecamatan Lahei dan Lahei Barat dampak banjir juga menenggelamkan ratusan pemukiman warga. Kecamatan Gunung Timang juga banjir di Desa Batu Raya. Dan Montallat seperti Kelurahan Montallat I dan II ketinggian air sudah mencapai 40 hingga 50 cm.

"Saya pagi begitu diperintahkan bapak bupati Nadalsyah langsung meninjau di dua lokasi seperti jalan Dahlia dan Panglima Batur," katanya.

Wabup Sugianto mengimbau kepada seluruh warga  di daerah ini, agar terus waspada apalagi saat ini cuaca sedang mendung dan tidak menutup kemungkinan akan turun hujan.

"Berdasarkan laporan dan saya memantau sendiri keadaan air memang sudah agak berkurang ketiinggiannya, tapi kita juga perlu waspada apabila hujan turun kembali," kata Wabup.

Saat ini di sejumlah kawasan di dataran rendah dalam Kota Muara Teweh mulai terendam banjir sejak Selasa (2/11) malam dan hari ini air terlihat terus naik. Dan pada Kamis (4/11) air mulai merendam sejumlah jalan di dataran rendah.

"Banjir mulai merendam jalan dan kawasan penduduk yang diperkirakan terus naik karena sebagian wilayah di Kabupaten Murung Raya yang berada di hulu Sungai Barito juga mulai terendam banjir," kata Bani warga Muara Teweh yang rumahnya mulai terendam banjir.

Pantauan lapangan Kamis banjir juga mulai merendam sejumlah kawasan diantaranya sebagian Jalan Panglima Batur wilayah Water Front City (WFC), Jalan Imam Bonjol, Jalan Merak, Jalan Dahlia, Gang Paraguay, Jalan Flores, Gang Nike Ardila, Gang Citra. Bahkan sebagian Jalan Imam Bonjol dan Jalan Merak yang terendam banjir sudah tidak bisa dilewati kendaraan bermotor.