Menkominfo serahkan Anugerah Media Humas

id anugerah media humas,menkominfo,2021,bali

Menkominfo serahkan Anugerah Media Humas

Malam Anugerah Media Humas (AMH) 2021 di kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (4/11/2021). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf

Badung, Bali (ANTARA) -

Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyerahkan penghargaan Anugerah Media Humas (AMH) 2021 bertema "Peran Humas Pemerintah Mewujudkan Indonesia Pulih, Indonesia Maju".



Anugerah itu merupakan bentuk apresiasi atas hasil kerja humas pemerintah, terutama dalam penanganan isu COVID-19, dan dalam rangka menciptakan semangat berkompetisi untuk meningkatkan kualitas komunikasi publik pemerintah.



"Ajang Anugerah Media Humas tahun 2021 ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk berkompetisi secara positif di antara insan humas sekalian," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate saat menyampaikan sambutan secara daring pada kegiatan Malam Anugerah Media Humas (AMH) 2021 di kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis.



Dia mengatakan pandemi COVID-19 telah memberikan banyak tantangan sekaligus pelajaran, termasuk bagi kerja komunikasi publik dan humas pemerintah sebagai orkestrator komunikasi publik penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.



Menurutnya, Kementerian Kominfo menyadari bahwa berbagai capaian komunikasi publik tidak terlepas dari kerjasama pentahelix yang dibangun selama ini, termasuk dengan media kehumasan pemerintah.



"Oleh karenanya saya ingin menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para insan humas pemerintah, baik dari kementerian dan lembaga pemerintah daerah, BUMN, BUMD hingga perguruan tinggi di seluruh Indonesia," kata Menteri Johnny.



Apabila melihat perjalanan penanganan pandemi COVID-19, kata dia, terlihat bahwa kinerja humas adalah kinerja yang dituntut untuk terus adaptif dan responsif terhadap perkembangan yang ada.



Menurut Menkominfo, komunikasi publik dan humas pemerintah juga menjadi instrumen vital untuk diseminasi informasi, kebijakan, dan program-program pemerintah dalam menangani COVID-9 secara cepat dan efektif.



"Komunikasi publik dan kehumasan pemerintah juga harus mampu untuk terus berinovasi agar konten-konten yang dirilis dapat menjangkau cakupan masyarakat yang lebih luas dengan demografi yang lebih beragam," katanya.



Menkominfo juga memberikan ucapan selamat kepada para pemenang Anugerah Media Humas 2021.



"Terus semangat untuk para nominator dan insan humas pemerintah dalam menciptakan karya-karya kreatif pranata humas. Mari terus memanfaatkan kemajuan teknologi digital dalam praktek kehumasan menuju Indonesia makin digital, makin maju," ujarnya.