Pasokan produk kayu RI ke EU di bawah AS dan China meski ada skema FLEGT

id Pasokan produk kayu ,skema FLEGT,produk kayu Indonesia,Uni Eropa ,AS,China,Duta Besar Indonesia untuk Uni Eropa Andri Hadi

Pasokan produk kayu RI ke EU di bawah AS dan China meski ada skema FLEGT

Duta Besar RI di Brussels Andri Hadi berkunjung ke kantor pusat perusahaan peralatan medis asal Luksemburg, B Medical Systems, pada Selasa (18/5/2021). Dubes Andri mengajak perusahaan tersebut membangun pabrik di Indonesia. (Handout-KBRI Brussels)

Jakarta (ANTARA) - Pasokan produk kayu Indonesia ke Uni Eropa masih di bawah Amerika Serikat dan China, meskipun sudah memiliki skema kerja sama Forest Law Enforcement Governance and Trade (FLEGT).

Duta Besar Indonesia untuk Uni Eropa Andri Hadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan hingga kini Indonesia masih berada di bawah China dan Amerika Serikat sebagai pemasok utama produk kayu ke Uni Eropa dan Inggris.

Padahal, menurut dia, China dan Amerika Serikat tidak memiliki perjanjian kemitraan (VPA) seperti halnya Uni Eropa dengan Indonesia.

"Artikel 13 pada VPA FLEGT yang mengatur tentang insentif pasar belum diimplementasikan oleh sejumlah negara anggota Uni Eropa," kata Andri saat berbicara di Paviliun Indonesia di COP26, Glasgow, Skotlandia.

Deputi Dirjen Lingkungan Komisi Uni Eropa Patrick Child mengatakan dengan pengakuan sistem verifikasi legalitas kayu (SVLK) sebagai lisensi FLEGT maka produk kayu Indonesia bisa lebih mudah untuk masuk ke pasar Uni Eropa.

Menurut Child, produk furnitur dan kertas berbasis kayu Indonesia termasuk yang menikmati kemudahan tersebut. “Namun dampaknya memang perlu dioptimalkan," katanya.

Ia mengatakan Uni Eropa berjanji akan terus bekerja sama dengan Indonesia demi keuntungan kedua belah pihak terkait FLEGT. Termasuk soal penerapan uji tuntas pada produk kayu yang tidak dilengkapi dengan lisensi FLEGT.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) yang juga Ketua Forum Masyarakat Perhutanan Indonesia (FKMPI) Indroyono Soesilo menyatakan promosi perlu digencarkan untuk mendorong keberterimaan SVLK.

Indroyono mengatakan Indonesia sudah mengajukan Dubes Yuri O Thamrin sebagai Direktur Eksekutif International Tropical Timber Organizaton (ITTO) yang diharapkan bisa ikut mempromosikan produk kayu berkelanjutan seperti pada skema SVLK.

"Dengan Pengalamannya dalam berdiplomasi di kancah internasional, saya optimis keinginan itu bisa terwujud," katanya.