256 pebulu tangkis dunia ramaikan IBF 2021

id ibf 2021,bulu tangkis,bali,indonesia badminton festival

256 pebulu tangkis dunia ramaikan IBF 2021

Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna memberikan pidato saat membuka ajang Indonesia Badminton Festival 2021 di Nusa Dua, Bali, Kamis. (Antaranews/Roy Rosa Bachtiar)

Nusa Dua, Bali (ANTARA) - Sebanyak 256 pebulu tangkis dari 26 negara yang akan berlaga dalam Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021, ikut meramaikan acara pembukaan ajang kompetisi bulu tangkis terbesar sepanjang sejarah nasional di Nusa Dua, Bali, Kamis malam.

Acara yang menampilkan kesenian tradisional serta menghidangkan sajian makan malam di luar ruangan ini, diresmikan secara langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Agung Firman Sampurna.

"Dengan pelaksanaan IBF, kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia sudah siap untuk bangkit dari pandemi melalui pelaksanaan ajang olahraga bergengsi dari bulu tangkis," kata Agung lewat kata sambutannya.

Menurut Agung, kegiatan yang diisi tiga turnamen ini diharapkan akan menjadi semangat baru bagi kompetisi olahraga di dalam negeri, serta memberikan bukti meyakinkan kepada internasional bahwa Indonesia berkompeten dalam menggelar kegiatan berkelas dunia secara aman di tengah pandemi.



Selain itu, kemenangan Indonesia dalam menyabet Piala Thomas bulan lalu setelah penantian selama 19 tahun membawa semangat dan kepercayaan diri bagi timnas bulu tangkis untuk tetap bisa bersaing meski jalannya agenda latihan dan kompetisi terdampak pandemi.

"Semoga atlet bisa bermain dengan performa terbaik, serta sekaligus menikmati keindahan dan keramahan (Pulau) Bali," tutur Agung.

Salah satu peserta internasional, yaitu Kento Momota tampak menikmati penampilan Tari Kecak yang merupakan tarian tradisional khas Bali dengan tak lupa menikmati beberapa jamuan makanan asli Indonesia yang disajikan panitia di area yang menghadap laut.

Menurut pebulu tangkis tunggal putra peringkat satu dunia ini, acara yang diselenggarakan di Bali tahun ini sangat baik.

"Acara kali ini sangat baik, fasilitas sangat bagus, dan semua sudah diatur dengan mengesankan. Saya senang bisa mengikuti turnamen kali ini," ungkap pebulu tangkis asal Jepang ini.