Berikut hasil undian divisi musim IBL 2022

id ibl,undian ,divisi musim 2022,basket

Berikut hasil undian divisi musim IBL  2022

Ilustrasi hasil pengundian divisi Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2022. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Operator Liga Bola Basket Indonesia (IBL) pada Senin mengumumkan hasil pengundian divisi bagi tim-tim yang akan berlaga di kompetisi musim 2022.

Juara bertahan Satria Muda Pertamina Jakarta berada di Divisi Merah bersama West Bandits Solo yang musim lalu mereka singkirkan di babak semifinal.

Sedangkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang berstatus runner-up ditempatkan di Divisi Putih bersama semifinalis musim lalu lainnya, Dewa United Surabaya.

"Kedua tim teratas musim lalu, Satria Muda dan Pelita Jaya, berada dalam pot satu diikuti dua semifinalis di pot dua," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dikutip dari laman resmi IBL.



"Kemudian di pot tiga terdapat dua tim yang lolos ke playoff musim lalu, DNA Bima Perkasa Jogja dan Prawira Bandung. Sepuluh tim lainnya ada di pot empat," ujar dia menambahkan.

Bima Perkasa mendapatkan hasil undian ke Divisi Merah, sedangkan Prawira di Divisi Putih.

Masing-masing divisi juga terisi dua tim peserta baru IBL, yakni Tangerang Hawks dan Bumi Borneo Basketball Pontianak di Divisi Merah serta RANS PIK Basketball dan EVOS Thunder Bogor di Divisi Putih.

Nantinya dari tiap divisi akan dicari empat tim terbaik untuk lolos ke fase playoff IBL 2022 yang bertambah menjadi delapan tim mengikuti pertambahan jumlah peserta liga.



Namun, jalur pertandingan playoff tidak ditentukan berdasarkan divisi, melainkan klasemen tunggal dengan urutan satu sampai delapan. Putaran pertama playoff kemudian akan menyajikan tim peringkat pertama lawan urutan kedelapan (1 vs 8), 2 vs 7, 3 vs 6 dan 4 vs 5.

Dengan format tersebut, memungkinkan tim lintas divisi bertemu bahkan sejak putaran pertama playoff dan bukannya menanti hingga babak final seperti musim lalu.

Fase playoff rencananya bakal digelar menggunakan format kandang-tandang dan best-of-three atau mencari dua kemenangan.



Musim reguler rencananya mulai bergulir pada pertengahan Januari dengan total 176 pertandingan yang dilanjutkan dengan 21 laga di fase playoff hingga final.

Berikut hasil lengkap undian divisi IBL musim 2022:

Divisi Merah
1. Satria Muda Pertamina Jakarta
2. West Bandits Solo
3. DNA Bima Perkasa Jogja
4. Tangerang Hawks
5. Bumi Borneo Basketball Pontianak
6. Satya Wacana Saints Salatiga
7. Pacific Caesar Surabaya
8. Indonesia Patriots

Divisi Putih
1. Pelita Jaya Bakrie Jakarta
2. Dewa United Surabaya
3. Prawira Bandung
4. Bali United Basketball
5. Hangtuah Jakarta
6. NSH Mountain Gold Timika
7. RANS PIK Basketball
8. EVOS Thunder Bogor