Pemprov Kalteng antisipasi kelangkaan bapok jelang Natal dan tahun baru

id Pemprov kalteng, disdagperin kalteng, aster bonawaty, ketersediaan barang pokok, natal dan tahun baru 2022, kalteng

Pemprov Kalteng antisipasi kelangkaan bapok jelang Natal dan tahun baru

Kepala Disdagperin Kalteng Aster Bonawaty saat rakor stabilisasi harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok jelang Natal dan tahun baru 2022 di Palangka Raya, Rabu, (24/11/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berupaya mengantisipasi terjadinya kelangkaan barang kebutuhan pokok atau bapok jelang Natal dan tahun baru 2022.

"Kami minta dinas dan instansi terkait mengantisipasi agar stok tidak terjadi kelangkaan," kata Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kalteng Lies Fahimah di Palangka Raya, Rabu.

Pihaknya menekankan hal tersebut, sebab kelangkaan jika terjadi, akan berdampak pada fluktuasi harga dan berimbas pada daya beli masyarakat, utamanya mereka yang kurang mampu. Terlebih saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19.

Menurutnya berdasarkan laporan yang diterima, secara umum harga barang kebutuhan pokok dalam kondisi stabil dan stok mencukupi untuk periode Natal dan tahun baru.

"Hanya saja terdapat sejumlah komoditi yang harus menjadi perhatian, yakni minyak goreng, cabai dan telur ayam ras," terangnya saat membuka rakor stabilitas harga dan kebutuhan bapok jelang Natal dan tahun baru.

Untuk itu seluruh dinas yang membidangi perdagangan dan terkait lainnya di seluruh kabupaten dan kota, agar mengawal pendistribusiannya di masyarakat.

Kemudian kabupaten dan kota diminta terus berkoordinasi untuk memastikan kecukupan dan ketersediaan barang kebutuhan pokok yang terjangkau bagi masyarakat.

"Mengingat barang kebutuhan pokok di Kalteng sebagian besar dipasok dari luar daerah, sehingga perlu adanya antisipasi," jelasnya.

Lebih lanjut meminta agar dioptimalkannya fungsi dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) diantaranya pengaktifan pasar penyeimbang di daerah masing-masing.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng Aster Bonawaty menyampaikan, pihaknya terus berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam upaya menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok.

"Kami terus bersinergi dan melakukan pengawasan maupun pengawalan, baik pada kegiatan pasar hingga alur pendistribusian," katanya.

Untuk itu sebagai langkah pemantapan, pihaknya melaksanakan rakor stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok jelang Natal dan tahun baru tersebut.

Melalui rakor ini, pihaknya berkoordinasi bersama pihak terkait dalam rangka menjaga stabilitas dan stok, hingga memantau kesiapan daerah dalam menjaga kelancaran arus distribusi barang.

"Sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik di periode Natal dan tahun baru," ungkap Aster.