1.125 KPM di Murung Raya terima bantuan program KMS

id 1.125 KPM di Murung Raya terima bantuan program KMS, Kalteng, Mura, murung raya

1.125 KPM di Murung Raya terima bantuan program KMS

Bupati Murung Raya, Perdie Midel Yoseph saat menyerahkan bantuan program Kartu Murung Raya Sejahtera (KMS) untuk triwulan IV Tahun 2021 di Puruk Cahu, Senin (6/12/2021). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Sebanyak 1.125 keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatkan bantuan berupa uang tunai dari program Kartu Murung Raya Sejahtera (KMS) untuk triwulan IV  Tahun 2021 ini.

"Program ini mulai salurkan sejak tahun 2019 lalu hingga berakhirnya masa jabatannya sebagai bupati pada  2023 mendatang," kata Bupati Murung Raya, Perdie Midel Yoseph di Puruk Cahu, Senin.

Bantuan senilai Rp500.000 per kepala keluarga tersebut diserahkan oleh Perdie secara simbolis kepada perwakilan KPM di halaman Bank Kalteng di Puruk Cahu.

Ia menjelaskan, pada 2019 dan 2020, penerima bantuan berjumlah 1.000 KPM, dan pada 2021 ini jumlah penerima bantuan bertambah menjadi 1.125 KPM.

"Bantuan sosial tersebut akan terus kita tingkatkan secara bertahap, baik dari anggaran maupun jumlah penerima manfaat yang menyesuaikan dengan anggaran Pemerintah Kabupaten Murung Raya," ucapnya.

Selain itu ia juga meminta agar penerima bantuan sosial KMS ini dievaluasi secara periodik oleh Dinas Sosial bekerja sama dengan para camat, lurah maupun kepala desa.

Baca juga: Bank Kalteng: Betang Mobile, satu aplikasi untuk semua transaksi

Baca juga: MUI Murung Raya gelar pelatihan jurnalistik untuk remaja

"Jikalau nantinya dalam verifikasi dan validasi data penerima bantuan ditemukan KPM yang mampu, dobel menerima bantuan sosial, pindah domisili dan meninggal dunia, maka lurah maupun kepala desa bisa mengusulkan penggantinya kepada bupati melalui Dinas Sosial dengan melampirkan berita acara pergantian KPM," kata Bupati Murung Raya dua periode ini.

Disamping itu, Perdie meminta kepada penerima bantuan sosial KMS itu supaya dapat menggunakan bantuan secara baik, bijak dan tepat, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Sementara mewakili pimpinan Bank Kalteng Cabang Puruk Cahu, Ernan Kurniato mengatakan pihaknya selaku bank penyalur juga berharap bantuan yang disalurkan dapat dipergunakan sebaik mungkin.

"Bank Kalteng tidak berdiam diri dalam masa pandemi Corona Virus Disease-19 (COVID-19) seperti saat ini. Kita telah bekerja sama dengan Pemkab Mura melakukan melalui berbagai program ataupun penyaluran tali asih kepada yang warga membutuhkan," tambah Ernan.

Baca juga: Wabup Mura tinjau pelaksanaan SKB CPNS di Palangka Raya