Jelang Piala AFF, Shin Tae-yong percaya diri

id Shin Tae-yong,Jelang Piala AFF, Shin Tae-yong percaya diri,Piala AFF

Jelang Piala AFF, Shin Tae-yong percaya diri

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong. (Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengaku percaya diri menghadapi turnamen Piala AFF 2020, yang merupakan Piala AFF perdana sepanjang kariernya.

"Saya tidak grogi sama sekali. Saya yakin pemain-pemain Indonesia bisa melakukan yang terbaik," ujar Shin dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Rabu.

Juru taktik asal Korea Selatan itu optimistis anak-anak asuhnya mampu tampil maksimal di Piala AFF 2020.

Sebagai langkah awal, Shin Tae-yong ingin membawa Evan Dimas dan kawan-kawan lolos terlebih dahulu dari fase grup. Indonesia berada di Grup B bersama tim kuat Vietnam dan Malaysia.

Vietnam merupakan juara Piala AFF 2008 dan 2018, sementara Malaysia datang dengan status kampiun Piala AFF 2010.

Adapun pencapaian tertinggi Indonesia di Piala AFF adalah peringkat kedua (runner up) yang diraih sebanyak lima kali, yakni pada 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016.

"Banyak yang berpikir Vietnam dan Malaysia yang akan lolos dari grup. Namun, bola itu bundar. Kita bisa melihat sepak bola Indonesia banyak berubah dan terus berkembang. Saya selalu yakin dengan tim," tutur Shin.

Salah satu perubahan signifikan di timnas Indonesia, menurut pria berumur 52 tahun itu, adalah soal mentalitas bertanding.

"Saya sangat bahagia untuk itu dan yakin bisa mendapatkan prestasi terbaik," kata Shin.

Timnas Indonesia akan memulai perjalanannya di Piala AFF 2020 dengan menghadapi Kamboja, Kamis (9/12), di Stadion Bishan, Singapura.

Grup B Piala AFF 2020 sendiri sudah melangsungkan dua pertandingan, yaitu Malaysia kontra Kamboja dan Vietnam versus Laos. Malaysia menang dengan skor 3-1 dan Vietnam menaklukkan lawannya 2-0.

Malaysia pun menjadi pemimpin klasemen sementara Grup B, lalu disusul Vietnam. Adapun posisi terbawah dihuni Laos. Di atasnya ada Kamboja dan, satu-satunya tim yang belum berlaga di grup itu, Indonesia.