Pemprov-Dekranasda Kalteng sasar generasi muda kembangkan SDM kerajinan getah nyatu

id Dekranasda kalteng, dewan kerajinan nasional daerah, kerajinan getah nyatu, getah nyatu kalteng, aster bonawaty, gubernur kalteng, sugianto sabran, ke

Pemprov-Dekranasda Kalteng sasar generasi muda kembangkan SDM kerajinan getah nyatu

Foto Dokumentasi-Pengembangan SDM kerajinan getah nyatu oleh Dekranasda Kalteng terhadap generasi muda di Palangka Raya, Kamis, (30/12/2021). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Berbagai upaya ini, tak lepas dari dukungan dan arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran selaku Pembina Dekranasda, serta Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo, yang senantiasa mendorong agar pengembangan SDM Kalteng pada sektor IKM bisa dimaksimalkan
Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Tengah menyasar generasi muda untuk pengembangan sumber daya manusia kerajinan getah nyatu.

"Seiring berjalannya waktu perajin getah nyatu mulai berkurang, untuk itu diperlukan regenerasi," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng Aster Bonawaty di Palangka Raya, Senin.

Kerajinan getah nyatu merupakan salah satu produk budaya turun terumurun dan kerajinan ini hanya ada di Kalteng. Untuk tetap melestarikannya, Dekranasda mengakomodir pelatihan-pelatihan yang diantaranya pelatihan berupa pengembangan SDM getah nyatu.

Aster yang juga Ketua Harian Dekranasda Kalteng ini menyampaikan, tujuan pelatihan ini adalah untuk regenerasi perajin-perajin getah nyatu, utamanya yang memiliki kreativitas kekinian dan handal sebagai generasi penerus.

Baca juga: Dekranasda Sukamara dorong peningkatan kemampuan perajin lokal

Baca juga: Gedung showroom Dekranasda Gumas diharap dukung pemasaran produk lokal


Kemudian mempertahankan kelestarian budaya Kalteng melalui produk kerajinan getah nyatu, dan menghasilkan produk yang ramah lingkungan dengan nilai jual yang menjanjikan, baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri.

"Selain itu menjadikan alumni pelatihan menjadi wirausaha atau kelompok usaha baru dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi," terangnya yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng.

Berbagai upaya ini, ungkap Aster, tak lepas dari dukungan dan arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran selaku Pembina Dekranasda, serta Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo, yang senantiasa mendorong agar pengembangan SDM Kalteng pada sektor industri kecil menengah (IKM) bisa dimaksimalkan, termasuk diantaranya kerajinan getah nyatu.

Baca juga: Dekranasda promosikan produk Kalteng melalui 'Rumah Kriya Asri'

Lebih lanjut ia memaparkan, terkait kendala yang dihadapi yakni terbatasnya bahan baku getah nyatu, pihaknya telah berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait khususnya Dinas Kehutanan agar dapat membudidayakan getah nyatu.

"Hal ini sudah mendapatkan respon positif dan Dishut siap mendukung, tinggal penentuan lokasi serta tahapan-tahapan selanjutnya. Jadi penyiapan SDM beriringan dengan penyiapan SDA," tambahnya.

Sementara itu pelatihan yang belum lama ini pihaknya laksanakan, di dalamnya meliputi pemberian teori hingga praktik pelatihan. Sejumlah narasumber yang dihadirkan, seperti desainer dan instruktur, kalangan perbankan, hingga Otoritas Jasa Keuangan.

Pelatihan diikuti peserta berjumlah 25 Orang dari 14 kabupaten dan kota se-Kalteng, terdiri dari generasi muda yang diharapkan ke  depan setelah pelatihan berkesempatan menjadi binaan Dekranasda Kalteng, sehingga dapat lebih mengembangkan ide-ide kreatif dalam memproduksi kerajinan getah nyatu, maupun membentuk kelompok usaha baru dalam bentuk koperasi.

Baca juga: Dekranasda Kalteng dorong peningkatan jangkauan pasar UMKM

Baca juga: Dekranasda latih 220 remaja putus sekolah untuk menjadi penenun tenun ikat