Pemkab Barito Utara tata kembali kawasan Lapangan Hijau

id lapangan hijau muara teweh,ditata kembali,kawasan olahraga dan rth,barito utara,kalteng

Pemkab Barito Utara tata kembali kawasan Lapangan Hijau

Bupati Barito Utara Nadalsyah bersama Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda Muhlis, Kepala Bappeda Litbang Jainal Abidin, Kadis PUPR M Iman Topik dan sejumlah pejabat lainnya meninjau kawasan "Lapangan Hijau" di Jalan Sengaji Hulu Muara Teweh, Jumat (14/1/2021).ANTARA/HO-Prokopim Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, akan kembali melakukan penataan kawasan "Lapangan Hijau" di Jalan Sengaji Hulu Muara Teweh untuk dimanfaatkan sebagai tempat olahraga dan ruang terbuka hijau (RTH).

"Akan kita timbun dulu, supaya pada saat banjir nanti lapangan ini tidak mengalami banjir.Selanjutnya, akan dilengkapi sarana dan prasarananya yang dimanfaatkan untuk olahraga dan RTH," kata Bupati Barto Utara Nadalsyah di Muara Teweh,Jumat.

Sebelumnya kawasan lapangan hijau itu dijadikan areal sementara relokasi para pedagang Pasar Pendopo selama pasar yang sempat terbakar itu dalam dalam pembangunan kembali.

Terkait anggaran, kata Nadalsyah, meminta kepada dinas terkait agar nantinya dapat mengalokasikan. 

"Anggaran kita sangat terbatas, mudahan dapat dialokasikan dari dinas-dinas terkait," katanya. 

Baca juga: Pemkab Barito Utara akan merehabilitasi Lapangan Hijau

Bupati Nadalsyah meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang serta Dinas Kebudayaah, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga setempat, agar dapat berkolaborasi dalam perencanaan dan pembangunan sarana dan prasarana untuk Lapangan Hijau. 

"Dinas Lingkungan Hidup juga diminta membantu dalam pengembangan RTH," kata Nadalsyah.

Kepala Dinas PUPR Barito Utara M. Iman Topik mengatakan pihaknya segera menindaklanjuti petunjuk yang disampaikan oleh Bupati dalam rangka penantaan dan pemanfaatan kembali Lapangan Hijau menjadi sebuah ikon dengan terlebih dahulu membuat perencanaan gambar dan desain serta pengukuran sebagai kegiatan awal. 

"Selanjutnya akan dilakukan penurapan dengan ketinggian menyesuaikan agar tidak terendam banjir," jelas Topik. 

Dalam melakukan perencanaan desain penataan kawasan lapangan hijau ini, Kepala Dinas PUPR akan menugaskan Bidang Cipta Karya dan Tata Kota untuk menindaklanjuti beberapa petunjuk yang telah disampaikan oleh Bupati. 

"Kawasan Lapangan Hijau akan ditata dengan menggunakan konsep sarana olahraga berupa mini soccer, lintasan jogging (jogging track) dan fasilitas bermain anak-anak dengan kolaborasi RTH," ujar Topik. 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2022