Dinas PUPR pasang baja untuk penanganan darurat Jembatan Siwau

id jembatan desa siwau,jembatan darurat ,gunung timang,penanganan darurat,barito utara,kalteng

Dinas PUPR  pasang baja untuk penanganan darurat Jembatan Siwau

Pegawai Dinas PUPR Barito Utara dan warga berada di jembatan darurat dan jembatan utama di Desa Siwau, Kecamatan Gunung Timang, Sabtu (22/1/2021).ANTARA/HO-Dinas PUPR Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat segera memasang besi baja WF (wide flange) ukuran 300 untuk penanganan darurat Jembatan Siwau Kecamatan Gunung Timang, karena jembatan darurat ambruk.

"Rencana hari ini kami akan mengirim empat batang baja wf 300  bentangan 12 meter ke lokasi, agar transportasi masyarakat tidak terhambat, akibat bagian tengah jembatan darurat tersebut putus," kata Kepala Dinas PUPR Barito Utara M Iman Topik melalui Kabid Bina Marga Dedi di Muara Teweh, Ahad.

Menurut Dedi, lempengan baja yang mempunyai kekuatan tinggi sepanjang 12 meter itu nantinya tidak dipasang di jembatan darurat karena kondisinya cukup parah yang usianya relatif tua dibangun 2019 lalu, melainkan di jembatan utama yang pembangunannya masih belum rampung,berada disamping jembatan darurat.

Pekerjaan jembatan utama yang dibangun sejak 2020 itu belum rampung atau sekitar 60 persen dikerjakan karena terkendala dana itu diantaranya pengadaan dan pemasangan baja wf 600 dengan panjang 12 meter sebanyak 5 batang, serta pengecoran lantai jembatan.
 
Jembatan darurat Desa Siwau yang merupakan akses utama dari Desa Tongka, Batu Raya I dan Batu Raya II, putus dan tidak bisa dilalui baik kendaraan roda dua dan roda empat.ANTARA/HO

"Jadi empat batang baja tersebut dipasang di jembatan utama, yang khusus bisa dilewati kendaraan roda dua dan pejalan kaki, untuk mobil mungkin tidak bisa. Karena jembatan ini ada yang hanya terpasang bondex (material pelapis bawah cor, pengganti bekisting kayu (triplek), belum di cor," kata dia.

Dia mengatakan dalam pengiriman baja tersebut juga dilakukan ekstra hati-hati secara estafet, karena jembatan darurat lainnya yakni di Desa Sangkorang (jembatan utama juga belum selesai) tidak layak untuk dilewati angkutan truk.

Dari jembatan Desa Sangkorang, kata dia, nantinya diangkut lagi menggunakan mobil bak terbuka (pick up). 

"Jadi selain Jembatan Sangkorang dan Jembatan Siwau, masih ada tiga jembatan darurat lainnya yang kondisinya cukup parah sehingga rawan ambruk," jelas Dedi.

Jembatan darurat di Desa Siwau yang putus tersebut merupakan akses utama dari dan ke sejumlah desa di Kecamatan Gunung Timang antara lain Desa Tongka, Batu Raya I dan Batu Raya II,sehingga tidak bisa dilalui baik kendaraan roda dua dan roda empat.

"Jembatan darurat Desa Siwau itu ambruk pada beberapa hari lalu karena usianya relatif tua dan beberapa kali terendam banjir," ujar Dedi.