Iran wakil Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia

id timnas iran,wakil asia ,lolos,piala dunia 2022,qatar

Iran wakil Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia

Gelandang tim nasional Iran Saman Ghoddos (kiri) dan bek Hossein Kanani melakukan selebrasi setelah mengunci tiket Piala Dunia 2022 seusai mengalahkan Irak 1-0 dalam lanjutan putaran ketiga kualifikasi zona Asia di Stadion Azadi, Teheran, Iran, Kamis (27/1/2022). (ANTARA/REUTERS/WANA/Majid Asgaripour)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Iran menjadi wakil Asia pertama yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar setelah meraih kemenangan 1-0 atas Irak dalam lanjutan putaran ketiga kualifikasi zona Asia pada Jumat dini hari WIB.

Dengan kemenangan tersebut, Iran mengumpulkan 19 poin dari tujuh pertandingan yang sudah mereka jalani dan bertengger di puncak klasemen sementara Grup A.

Iran memastikan diri finis di dua teratas klasemen akhir Grup A karena unggul 10 poin atas Uni Emirat Arab yang berada di posisi ketiga dan fase kualifikasi putaran ketiga hanya menyisakan tiga rangkaian pertandingan lagi, demikian catatan situs resmi AFC.

Kemenangan Iran atas Irak disokong gol semata wayang yang dicetak oleh Mehdi Taremi, saat penyerang FC Porto itu menyelesaikan umpan Alireza Jahanbakhsh pada menit ke-48.

Iran sebetulnya punya cukup banyak kesempatan untuk memperlebar marjin keunggulan tetapi gagal memperoleh gol tambahan, termasuk ketika sepakan Jahanbakhsh bisa diamankan oleh kiper Fahad Talib.

Sebelum gol Taredi, Jahanbakhsh juga nyaris membuka keunggulan Iran lebih awal saat pertandingan baru berusia 11 menit, sayang bola tembakannya masih membentur tiang gawang.

Sebaliknya, Irak beberapa kali berusaha membalas, tetapi serangan mereka kerap patah sebelum memasuki kotak penalti Iran.

Dengan kelolosan kali ini, Iran untuk pertama kalinya akan tampil di putaran final Piala Dunia dalam tiga edisi beruntun. Hanya saja Dragan Skocic tentu dibebani ekspektasi bisa membawa Iran menembus babak gugur, mengingat mereka selalu terhenti di fase penyisihan grup dalam empat penampilan terakhir.



Dua pertandingan lain di Grup A memperlihatkan Korea Selatan menaklukkan Lebanon 1-0 dan UEA membekuk Suriah 2-0.

Korsel yang berada di posisi kedua dengan 17 poin kini hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk memastikan lolos ke Qatar bersama Iran.

Di Grup B, persaingan masih berlangsung ketat antara Arab Saudi, Jepang dan Australia mengingat ketiganya sama-sama meraih kemenangan dalam pertandingan ketujuh.

Arab Saudi memimpin di puncak dengan 19 poin selepas menang tipis 1-0 atas Oman.

Jepang membayangi di posisi kedua dengan 15 poin seusai membungkam China 2-0 di Saitama dan Australia di urutan ketiga dengan 14 poin setelah melumat Vietnam 4-0 di Melbourne.