Nadalsyah akan siapkan lahan untuk pembangunan universitas

id Universitas das barito,Hut provinsi kalteng,Barito utara,Kalteng,Bupati Barito Utara Nadalsyah, pembangunan universitas,Muara Teweh,DAS Barito

Nadalsyah akan siapkan lahan untuk pembangunan universitas

Bupati Barito Utara Nadalsyah memberikan  keterangan kepada awak media  di Palangka Raya, Senin (23/5/2022).ANTARA/HO-Prokopim Barut

Palangka Raya (ANTARA) - Bupati Barito Utara Nadalsyah menyatakan siap untuk menyediakan lahan apabila akan dibangun universitas di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

"Kami siap untuk menyediakan lahan, begitu juga halnya dengan Bupati Barito Timur dan Murung Raya," kata Nadalsyah kepada awak usai mengikuti upacara peringatan hari jadi ke-65 provinsi Kalteng di halaman kantor Gubernur Kalteng di Palangka Raya, Senin.

Dia menegaskan, apabila di Kabupaten Barito Utara akan dibangun universitas, maka pemerintah daerah akan siap menyediakan lahannya.

Bupati menyambut baik wacana pembangunan universitas terutama di DAS Barito.

Baca juga: Pemprov Kalteng-Tim Ahli UGM rumuskan terobosan percepat pembangunan

"Selain meningkatkan SDM masyarakat juga menguntungkan masyarakat khususnya dalam hal transportasi," jelas dia.

Untuk diketahui, saat ini pendidikan tinggi yang ada di Kabupaten Barito Utara antara lain adalah STIE Muara Teweh, Politeknik Muara Teweh dan STAI Siti Khadijah.

"Bila ada regulasinya dan keputusan menetapkan Kabupaten Barito Utara untuk dibangun universitas wilayah DAS Barito, kami siap," tegas Nadalsyah.

Mengenai pembentukanprovinsi di DAS Barito, bupati menyampaikan bahwa provinsi Kalteng merupakan provinsi dengan wilayah terluas di Indonesia.

Baca juga: Gubernur Kalteng ingin bangun universitas di wilayah DAS Barito

"Provinsi kita satu setengah kali lebih besar dari Pulau Jawa, wajar bila dimekarkan," kata dia.

Tetapi, kata Nadalsyah, bahwa semua tergantung kepada pemerintah pusat dalam pengambilan keputusannya.

"Kita siap apabila pemerintah pusat memutuskan untuk menjadikan Daerah Aliran Sungai (DAS)  Barito menjadi provinsi baru," ujar Nadalsyah.

Baca juga: Dampak dari IKN, DAS Barito dinilai berpotensi menjadi provinsi baru

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ingin membangun universitas di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito guna menunjang pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Untuk mewujudkannya diperlukan kolaborasi antara pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten di wilayah DAS Barito.

"Kami meminta agar para kepala daerah di DAS Barito bisa menyiapkan lahan untuk pembangunan universitas ini nantinya," jelas Sugianto.

Baca juga: Bupati Nadalsyah hadiri peringatan hari jadi Kalteng

Baca juga: Nadalsyah harapkan tahun depan dapat melaksanakan safari Ramadhan

Baca juga: Bupati dan pejabat Pemkab Barut hadiri penutupan Piala Pertiwi