Dukung benih bersertifikat, Barito Utara kembangkan padi Inpari Nutri Zinc

id padi inpari nutri zinc barut,benih padi bersertifikat,dinas pertanian,barito utara,kalteng

Dukung benih bersertifikat, Barito Utara kembangkan padi Inpari Nutri Zinc

Dinas Pertanian Barito Utara, Bidang Ketahanan Pangan dan Hortikultura, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Teweh Selatan tanam perdana padi sawah varietas inpari Nutri Zinc di Desa Trehean Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara, Senin (20/6/2022).ANTARA/HO-Dinas Pertanian Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Dinas Pertanian kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengembangkan padi jenis baru yaitu varietas Inpari Nutri Zinc, untuk mendukung percepatan peningkatan produksi padi sawah melalui benih bersertifikat.

"Tanam perdana padi varietas inpari nutri zinc dalam bentuk kegiatan sekolah lapang atau proses pembelajaran nonformal bagi petani, untuk meningkatkan pengetahuan dalam menggali potensi di lahan petani," kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Syahmiludin A Surapati di Muara Teweh, Selasa. 

Menurut dia, tanaman padi jenis baru ini dikembangkan  dua kelompok tani yang ada sentra padi sawah di daerah ini di Kecamatan Teweh Selatan yakni di Desa Trahean dan Trinsing dengan luas lahan seluas 20 hektare.

Sekolah lapang yang didukung oleh Dinas Pertanian Kalteng untuk jenis varietas inpari nutri zinc, hanya ada dua kabupaten yang dipilih dalam pelaksanaan kegiatannya yaitu di Kabupaten Barito Utara dan Pulang Pisau, sebagai penangkar padi yang ada label putih (label pokok).

"Dari hasil sekolah lapang ini hasilnya akan dibeli kepada petani dan kelompok tani di luar lokasi," katanya. 

Baca juga: KONI Barito Utara mantapkan persiapan pembukaan Porkab

Dia mengatakan dalam sekolah lapang ada tahapan tahapan yang dilaksanakan, di mana ini menjadi pembelajaran bagi kelompok tani, dikarenakan semua tahapan tersebut, akan dicatat dan dipantau perlakuan apa yang di lakukan.

"Sehingga nanti hasil produksi dari produktivitas akan diukur menjadi bahan kegiatan, inovasi teknologi pertanian," jelas Syahmiludin.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Hortikultura Dinas Pertanian Barito Utara Bambang Suprianto di dampingi Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Surya menambahkan kehadiran padi varietas baru inpari nutri zinc ini memiliki kandungan Zn lebih tinggi.

"Padi ini memiliki banyak kelebihan dibanding beberapa varietas lain dalam hal kandungan Zn, kaya nutrisi, cita rasanya enak, dan hasilnya lebih tinggi daripada hasil padi lainnya," kata dia.

Baca juga: Bupati harapkan permasalahan pegawai non-PNS jadi pertimbangan pusat

Baca juga: Bupati Barut: Permasalahan pegawai non-PNS sudah disampaikan ke Apkasi

Baca juga: Bupati Barut: Permasalahan pegawai non-PNS sudah disampaikan ke Apkasi

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2022