Investor saham AS bersiap di paruh kedua 2022

id investor saham,saham AS,paruh kedua,kinerja buruk,inflasi tinggi

Investor saham AS  bersiap di paruh kedua 2022

Foto Dokumen: Seorang pedagang bekerja di lantai New York Stock Exchange (NYSE) di New York City, AS, 13 Juni 2022. ANTARA/REUTERS/Brendan McDermid

New York (ANTARA) - Dengan saham AS di jalur untuk menandai paruh pertama terburuk mereka tahun ini dalam lebih dari 50 tahun, investor sedang mempelajari berbagai metrik untuk menentukan apakah bulan-bulan mendatang dapat membawa keringanan, atau lebih dari itu.

Bagaimanapun, paruh pertama 2022 telah menjadi tantangan bagi investor. S&P 500 turun sekitar 18 persen year-to-date, di jalur untuk paruh pertama terburuk setiap tahun sejak 1970, menurut Indeks S&P Dow Jones, karena The Fed memperketat kebijakan moneter dalam perjuangannya melawan inflasi tertinggi dalam beberapa dekade.

Obligasi, yang biasanya diandalkan investor untuk mengimbangi penurunan saham dalam portofolio mereka, bernasib sedikit lebih baik: Pasar obligasi AS, yang diukur oleh dana Vanguard Total Bond Market Index, jatuh 10,8 persen untuk tahun ini, menempatkannya pada kecepatan untuk kinerja terburuknya dalam sejarah modern.

Dengan ekspektasi investor yang berfluktuasi antara inflasi tinggi yang berkelanjutan dan penurunan ekonomi yang disebabkan oleh Fed yang hawkish, hanya sedikit yang percaya bahwa volatilitas pasar akan menghilang dalam waktu dekat.

"Kami tidak memperkirakan kesemrawutan dan volatilitas yang kami lihat selama paruh pertama tahun ini akan mereda," kata Timothy Braude, kepala global OCIO di Goldman Sachs Asset Management.

Data historis memberikan gambaran yang beragam tentang lintasan pasar yang mungkin mengikuti dalam beberapa bulan mendatang. Di satu sisi, penurunan tajam dalam saham sering diikuti oleh rebound tajam: tahun-tahun terakhir di mana S&P 500 turun setidaknya 15 persen pada titik tengah melihat enam bulan terakhir lebih tinggi setiap saat, dengan pengembalian rata-rata hampir 24 persen, menurut data dari LPL Financial tentang penurunan pasar sejak 1932.

S&P 500 reli lebih dari 3,0 persen pada Jumat (24/6/2022) untuk kenaikan persentase satu hari terbesar sejak Mei 2020 karena tanda-tanda perlambatan pertumbuhan ekonomi membuat investor memutar balik ekspektasi tentang seberapa tinggi Federal Reserve akan menaikkan suku bunga untuk mengendalikan inflasi. Untuk minggu ini, indeks naik 6,4 persen.

Salah satu faktor yang dapat menopang reli itu dalam jangka pendek adalah penyeimbangan kembali kuartal akhir, karena investor institusional seperti dana pensiun dan dana kekayaan negara memanfaatkan level rekor kas untuk membawa alokasi ke saham kembali sesuai dengan target mereka.

Fenomena itu dapat mengangkat pasar sebanyak 7,0 persen selama minggu depan, analis JP Morgan Marko Kolanovic mengatakan dalam sebuah catatan pada Jumat (24/6/2022).

Sementara itu, beberapa yang disebut indikator kontrarian yang dilacak oleh analis di BoFA Global Research, termasuk alokasi kas dan sentimen investor, menunjukkan sinyal beli, kata analis di bank tersebut dalam sebuah catatan.

Jack Janasiewicz, ahli strategi portofolio utama dan manajer portofolio di Natixis Investment Managers Solutions, percaya bahwa paruh kedua tahun ini kemungkinan akan lebih baik daripada yang pertama. Dia tumbuh lebih bullish pada ekuitas, terutama saham perusahaan teknologi besar yang terpukul dengan neraca yang kuat, seperti induk Google Alphabet Inc.

Sebuah studi tentang pasar bearish selama 150 tahun terakhir oleh Solomon Tadesse, kepala North American Quant Strategies at Societe Generale, menunjukkan bahwa saham cenderung turun setelah mereka mengoreksi "kelebihan" dari periode bullish sebelumnya. Itu akan menyebabkan S&P 500 turun lagi 22 persen menjadi 3.020, menurut penelitiannya, yang mengukur persentase penurunan selama krisis masa lalu dengan skala yang sama.

Aksi jual pasar adalah "koreksi yang diperlukan yang tak terhindarkan dari ekses pasca-COVID," katanya, menggambarkan reli didorong stimulus yang membuat S&P 500 lebih dari dua kali lipat dari posisi terendah Maret 2020.

Skeptisisme tentang keberlanjutan rebound pasar meluas ke investor individu juga. Sebuah survei oleh American Association of Individual Investors dalam pekan yang berakhir 22 Juni menemukan bahwa 59,3 persen percaya bahwa pasar saham AS akan bearish selama enam bulan ke depan.

Brian Jacobsen, ahli strategi investasi senior di Allspring Global Investments, percaya penurunan imbal hasil obligasi baru-baru ini dapat membantu meredam volatilitas di seluruh pasar, memberikan peluang di berbagai bidang seperti ekuitas pasar berkembang dan obligasi imbal hasil tinggi jangka pendek.

Namun, untuk saat ini, dia tetap berhati-hati di pasar saham AS. “Dari perspektif sektor, tidak ada yang berteriak aman,” katanya.

Sementara itu, Braude dari Goldman Sach percaya bahwa kekhawatiran inflasi dan harga komoditas yang tinggi kemungkinan akan membuat paruh kedua tahun ini bergejolak seperti yang pertama.

"Ada risiko penurunan di pasar saham dan obligasi," katanya. "Dalam lingkungan seperti ini uang tunai adalah raja."

Sebelumnya,  Renault mengatakan akan menjual lebih dari sepertiga unitnya di Korea ke Geely Automobile Holdings China, bermaksud mengalihkan modal pembuat mobil Prancis itu untuk berinvestasi di pasar domestik dan bisnis listriknya yang tertinggal.

Renault berada di tengah-tengah rencana perubahan haluan multi-tahun yang bertujuan untuk meningkatkan margin keuntungan dan memecah bisnis kendaraan listrik (EV) dan mesin pembakaran karena berusaha mengejar saingan seperti Tesla dan Volkswagen dalam perlombaan menuju berkendara yang lebih bersih.

Langkah untuk menjual 34 persen saham di Renault Korea Motors seharga 264 miliar won (207 juta dolar AS) terjadi beberapa minggu setelah media melaporkan bahwa Renault, pemegang saham teratas di Nissan Motor, dapat mempertimbangkan untuk menurunkan sahamnya di perusahaan Jepang.

Renault Korea Motors akan menerbitkan 45,4 juta saham dengan harga 5.818 won per saham ke unit Geely, Centurion Industries Ltd, kata kedua perusahaan dalam sebuah pernyataan, Selasa.

Renault memiliki 80 persen dari unit tersebut pada akhir tahun lalu. Sisanya dimiliki oleh perusahaan kartu kredit Samsung Card, yang mengatakan pada Desember bahwa mereka bermaksud untuk menjual sahamnya di unit tersebut tetapi tidak ada rincian yang diputuskan.

Geely dan Renault mengumumkan kemitraan pada Januari untuk mengembangkan jajaran kendaraan hibrida untuk pasar Korea Selatan dan luar negeri, yang diproduksi di pabrik Renault di Busan.

Pasar Korea Selatan, yang didominasi oleh juara lokal Hyundai Motor dan Kia Corp, terkenal sulit ditembus oleh pembuat mobil termasuk General Motors dan SsangYong Motor, yang sekarang dimiliki oleh Mahindra & Mahindra India. (1 dolar AS = 1,274,3600 won).
 Sebelumnya,  Renault mengatakan akan menjual lebih dari sepertiga unitnya di Korea ke Geely Automobile Holdings China, bermaksud mengalihkan modal pembuat mobil Prancis itu untuk berinvestasi di pasar domestik dan bisnis listriknya yang tertinggal.