252 jenis layanan siap dibuka di Mal Pelayanan Publik Habaring Hurung

id 252 jenis layanan siap dibuka di Mal Pelayanan Publik Habaring Hurung, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Halikinnor, jemsly Hutabarat, ombud

252 jenis layanan siap dibuka di Mal Pelayanan Publik Habaring Hurung

Bupati Halikinnor memberikan plakat Kenang-kenangan kepada anggota Ombudsman Republik Indonesia, Jemsly Hutabarat usai pembukaan sosialisasi integrasi pelayanan publik melalui Mal Pelayanan Publik Habaring Burung dan penandatanganan noktah kesepakatan serta kesepakatan bersama, Kamis (29/9/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Timur akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan cepat, bahkan saat ini sudah ada 252 layanan yang siap dibuka ketika tempat itu mulai dioperasikan pada 7 Januari 2023 nanti. 

"Saya berharap mudah-mudahan Mal Pelayanan Publik Habaring Hurung dapat lebih prima dalam memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan pasti kepada masyarakat," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Kamis. 

Harapan itu disampaikan Halikinnor saat membuka sosialisasi integrasi pelayanan publik melalui Mal Pelayanan Publik Habaring Burung dan penandatanganan nota kesepakatan serta kesepakatan bersama. 

Hadir dalam kegiatan itu anggota Ombudsman Republik Indonesia, Jemsly Hutabarat, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalteng, R. Biroum Bernardianto, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kotawaringin Timur serta pimpinan sejumlah pelayanan publik daerah dan instansi vertikal. 

Halikinnor mengatakan, Mal Pelayanan Publik yang dibangun Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur telah rampung. Saat ini sedang dilakukan penyelesaian fasilitas pendukung dan ditargetkan mulai dioperasikan pada 7 Januari 2023, bertepatan perayaan hari ulang tahun kabupaten ini. 

Menurutnya, keberadaan tempat yang akan diberi nama Mal Pelayanan Publik Habaring Hurung itu memiliki arti penting untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik yang nantinya pelayanan barang jasa dan administratif dapat dilakukan secara terintegrasi dan terpadu. 

Hal itu sesuai Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Hal ini juga bisa mendorong kegiatan berusaha yakni penanaman modal, baik penanaman modal dalam negeri maupun halaman modal asing.

Baca juga: Bupati Kotim apresiasi PT SJIM bantu secara penuh peningkatan jalan poros Tanah Mas

Upaya itu diharapkan dapat membantu pemerintah pusat dan daerah dalam mewujudkan pemerintahan pembangunan dengan memaksimalkan potensi khas khususnya di kabupaten Kotawaringin Timur. 

Pertumbuhan investasi di kabupaten Kotawaringin Timur masih sangat menjanjikan titik situasi ini Tentunya menjadi modal yang cukup baik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah di masa-masa mendatang. 

Pelayanan publik yang terintegrasi dan terpadu dengan iklim layanan yang mudah cepat dan pasti merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dalam mengoptimalkan jalannya proses reformasi birokrasi. 

"Bangunannya megah dan nanti terdapat tempat makan seperti kafe, tempat bermain dan lainnya sehingga orang yang sedang mengurus perizinan bisa merasa nyaman. Mudah-mudahan semua berjalan lancar," harap Halikinnor. 

Kepala Dinas Penanaman Moda dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kotawaringin Timur Imam Subekti mengatakan, saat ini sudah ada 252 jenis layanan yang siap dibuka nantinya. Jumlah ini tidak menutup kemungkinan akan bertambah, termasuk terbukanya peluang bagi pihak swasta untuk bergabung. 

"Dari kementerian dan lembaga ada 95 layanan. Kalau PTSP ada 152 untuk pelayanan perizinan, ada 15 untuk pelayanan lainnya. Jadi total ada 252 layanan perizinan maupun nonperizinan," ujar Imam. 

Imam menambahkan, sosialisasi akan dilakukan secara gencar agar masyarakat mengetahui dan berminat memanfaatkan layanan-layanan yang tersedia nantinya. Keberadaan Mal Pelayanan Publik Habaring Hurung diharapkan akan mendorong perekonomian daerah sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Baca juga: Legislator Kotim minta pemkab segera bantu korban banjir

Baca juga: Permintaan meningkat, Kotim malah kehabisan stok vaksin COVID-19

Baca juga: Perubahan APBD 2022 Kotim disetujui, berikut komposisinya