Dua remaja Barito Utara wakili Kalteng Pemilihan Duta Qasidah

id qasidah barut,remaja barito utara,wakili kalteng,festival qasidah nasional,barito utara,kalteng,barut

Dua remaja Barito Utara wakili Kalteng Pemilihan Duta Qasidah

Putra dan Putri asal Kabupaten Barito Utara Hana Aulia (Pop Religi Remaja Putri) dan Hajianur Shadikin (Bintang Vokalis Qasidah Remaja Putra) serta pelatih Puspo mewakili Kalteng pada ajang Festival Seni dan Qasidah ke XXVI Nasional pada 16-20 November 2022 di Kota Karawang, Jawa Barat.ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Dua orang remaja asal Kabupaten Barito Utara, mewakili Provinsi Kalimantan Tengah, mengikuti Festival Seni dan Qasidah XXVI Tingkat Nasional pada 16-20 November 2022 di Kota Karawang, Jawa Barat.

Dalam kegiatan tersebut, Hana Aulia (Pop Religi Remaja Putri) dan Hajianur Shadikin (Bintang Vokalis Qasidah Remaja Putra) remaja dari Kabupaten Barito Utara terpilih setelah meraih juara pertama pada  Festival Seni Qasidah Indonesia (FSQI) IX tingkat Kalimantan Tengah di Palangka Raya akhir Oktober 2022. 

"Keduanya asal dari Barito Utara mewakili Provinsi Kalteng di tingkat nasional dalam rangka mengikuti Pemilihan Duta Duta Qasidah XXVI Tahun 2022 di Karawang, Jawa Barat,” kata salah seorang pelatih, Puspo didampingi Israminoor, Zifruli dan Sufyan, Kamis.

Puspo juga meminta doa dari warga masyarakat Kabupaten Barito Utara agar dalam pelaksanaannya putra dan putri asal Barito Utara yang berlaga di Pemilihan Duta Duta Qasidah Nasional itu bisa membawa harum nama Kabupaten Barito Utara dan Kalimantan Tengah.

Kabupaten Barito Utara meraih juara umum pada FSQI IX tersebut diraih dari cabang lomba, juara I Bintang Vocalis Dewasa Putera, juara I Pop Religi Puteri, Juara 2 Bintang Vocalis Anak-anak dan Juara 3 Bintang Vocalis Dewasa Putera dengan 14 poin mengungguli 13 Kabupaten/kota lainnya.

Sekretaris Umum (Sekum) LASQI Barito Utara Supian mengatakan pada perhelatan Akbar Festival Seni dan Qasidah Indonesia  IX Kalteng 2022  ini dilaksanakan di Palangka Raya, dengan keputusan akhir dewan juri yang menghantarkan Kabupaten Barito Utara menjadi juara I pada perhelatan tersebut.

"Diantara tujuan FSQI ialah menjaga dan meningkatkan kecintaan seni islami, rasa cinta itu diungkapkan melalui seni qasidah, cinta kepada Allah SWT, cinta kepada Rasul SAW, cinta kepada agama, cinta kepada orang tua, cinta kepada sesama manusia, cinta kepada masyarakat, cinta kepada lingkungan cinta kepada tanah air dan negara," kata dia.