Orang utan nyasar ke kawasan bandara di Pangkalan Bun

id Orangutan nyasar ke kawasan bandara di Pangkalan Bun, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat

Orang utan nyasar ke kawasan bandara di Pangkalan Bun

Tim BKSDA SKW II Pangkalan Bun berhasil menyelamatkan individu orang utan yang masuk di kawasan Bandara Iskandar. Jumat (13/01/2023) ANTARA/HO-SKW II BKSDA Kalimantan Tengah

Pangkalan BunĀ  (ANTARA) - Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pangkalan Bun Kalimantan Tengah bersama Orangutan Foundation Internasional (OFI) mengevakuasi satu individu orang utan yang nyasar masuk ke kawasan Bandara Iskandar Kota Pangkalan Bun. 

"Kami dibantu kawan-kawan dari OFI, Lanud Iskandar dan AVSEC berhasil melakukan penyelamatan individu orang utan yang masuk kawasan bandara Iskandar pada Jumat (13/01/2023) sekitar pukul 10.30 WIB," ujar Kepala BKSDA SKW II Pangkalan Bun Dendi Sutiadi, Senin.

Dijelaskan Dendi, tim BKSDA SKW II Pangkalan Bun pertama kali menerima laporan dari Kepala AVSEC Iskandar, Murdoko pada Jumat pukul 09.00 WIB. Dilaporkan bahwa adanya individu orang utan yang terlihat di kawasan hutan joging track Bandara Lanud Iskandar. 

"Dengan adanya informasi tersebut, kami langsung ke lokasi untuk melakukan penyelamatan,"ujar Dendi di Pangkalan Bun, Senin. 

Setelah berhasil melakukan penyelamatan, tim langsung mengamankan individu orang utan tersebut ke kantor BKSDA SKW II untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan, sebelum dilepasliarkan kembali. 

"Untuk data orang utan tersebut umur sekitar 10 tahun, berat 30 kg dan berjenis kelamin jantan. Saat kita amankan, dalam kondisi sehat," ujar Dendi. 

Baca juga: Pemkab Kobar optimalkan program CSR Konsorsium bangun infrastruktur

Dikatakan Dendi, ini merupakan penyelamatan kedua orang utan yang masuk di kawasan Bandara Lanud Iskandar. Sebelumnya timnya pernah melakukan penyelamatan hal serupa di tahun 2022.

"Ini untuk kedua kalinya. Tahun 2022 kita juga pernah melakukan penyelamatan di sana karena hutan sekitar kawasan hutan Lanud Iskandar masih sering ditemui orang utan," ujarnya. 

Sementara orang utan yang berhasil diamankan di kawasan Lanud Iskandar tersebut sudah dilepasliarkan pada Sabtu (14/01/2023) di kawasan wisata alam Tanjung Keluang Kecamatan Kumai. Lokasi ini merupakan kawasan konservasi baru di Kabupaten Kotawaringin Barat selain TN Tanjung Puting dan Suaka Margasatwa Lamandau. 

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Iskandar Letkol Nav Rudy Kurniawan membenarkan bahwa ia bersama anggotanya ikut langsung dalam penyelamatan orang utan yang masuk di kawasan Bandara Lanud Iskandar. 

"Iya mas, kita ikut langsung melakukan penyelamatan orang utan tersebut," ujar Danlanud di Pangkalan Bun. 

Baca juga: Pemkab Kobar akan bangun bundaran kapal pinisi ikon kawasan pesisir

Baca juga: Masyarakat Kobar didorong optimalkan lahan pekarangan untuk ketahanan pangan

Baca juga: Populasi banteng Kalimantan di hutan Belantikan semakin berkurang