Berhasil cegah karhutla, tiga desa di Barut dapat penghargaan

id reward,cegah karhutla,tiga desa,tewah tengah,mpg berikan reward tiga desa,barito utara,kalteng

Berhasil cegah karhutla, tiga desa di Barut dapat penghargaan

PT MPG menyerahkan penghargaan kepada satu satu kades di Kecamatan Teweh Tengah atas berhasil mencegah karhutla di desanya, Sabtu (14/1/2023).ANTARA/HO-PT MPG

Muara Teweh (ANTARA) - Sebanyak tiga desa di wilayah Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mendapat penghargaan atau hadiah (reward) atas keberhasilan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dari perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Multipersada Gatramegah (MPG).

"Pemberian reward kepada masyarakat bebas api (MBA) di tiga desa yang berhasil mencegah karhutla ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk menjaga lingkungan," kata General Manager PT MPG Suwandi, Sabtu.   

Menurut dia, pada tahun ini ada tiga desa yang berhasil mencegah terjadi karhutla yakni Desa Pendreh, Sei Rahayu II dan Rimba Sari.

Reward diberikan, kata dia, kepada setiap desa yang berhasil mencegah karhutla dalam kurun waktu satu tahun terakhir, hal itu sesuai dengan MoU antara desa dan PT MPG yang tergabung dalam  Musimmas Group. 

"Setiap desa tersebut mendapatkan hadiah atas keberhasilannya dalam mencegah karhutla di wilayahnya masing-masing senilai Rp25 juta setiap desa berupa perlengkapan pipa untuk sarana air bersih, sarana dan prasarana di desa berupa tenda serta laptop dan kendaraan operasional penunjang patroli pencegahan karhutla," jelas Suwandi.

Baca juga: Smart Aviation layani penerbangan perintis Muara Teweh-Palangka Raya

Dia mengatakan, tidak hanya memberikan penghargaan kepada masyarakat, PT MPG juga melakukan kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Karhutla di berbagai desa. 

Saat ini terdapat tujuh desa yang masuk ke dalam desa binaan PT MPG, diantaranya Desa Karamuan yang masuk wilayah Kecamatan Lahei Barat, Desa Sei Rahayu I, Sei Rahayu II, Rimba Sari, Beringin Raya,  Datai Nirui dan Desa Pendreh yang masuk wilayah Kecamatan Teweh Tengah.

Kepala desa yang mendapatkan penghargaan MBA yakni, Neni Heriani (Kades Rimba Sari), Irawan (Kades Pendreh), Mori Andi (Kades Sei Rahayu II) menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pihak perusahaan yang telah memberikan reward. 

"Semoga PT MPG semakin jaya dalam kegiatan operasionalnya," ujar Kades Rimba Sari mewakili rekan Kades lainnya.

Baca juga: Bupati Barut serahkan bantuan alsintan ke poktan enam kecamatan

Pewarta :
Editor : Muhammad Arif Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2023