Sosialisasi pencegahan kenakalan remaja di Kapuas perlu ditingkatkan

id Sosialisasi pencegahan kenakalan remaja di Kapuas perlu ditingkatkan, kalteng, kapuas

Sosialisasi pencegahan kenakalan remaja di Kapuas perlu ditingkatkan

Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas, melakukan sosialisasi pencegahan kenakalan remaja di MAN Selat, belum lam703 Februari 2023a ini. ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala KapuasĀ  (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Mardani, mengapresiasi Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) setempat yang terus melakukan sosialisasi pencegahan kenakalan remaja ke sejumlah sekolah.

"Kita apresiasi Satpol PP dan Damkar melakukan sosialisasi pencegahan kenakalan remaja ke sejumlah sekolah," kata Mardani di Kuala Kapuas, Jumat.

Menurut legislator dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), sangat penting bagi siswa di sekolah mendapat pengarahan tentang pencegahan kenakalan remaja. Tujuannya agar anak-anak memahami dan bisa mencegah terjerumus dari kenakalan remaja.

Langkah ini sejalan dengan tugas pokok dan fungsi Satpol PP dalam rangka melakukan pengawasan dan penindakan terhadap kebijakan peraturan daerah.

"Sekolah memang sudah melakukan tugasnya, tapi dengan hadirnya Satpol PP membantu sekolah dalam mendisiplinkan anak-anak," kata pria yang menjabat Wakil Ketua Komisi I.

Baca juga: Pemkab Kapuas berkomitmen sukseskan transformasi di bidang kesehatan

Dijelaskannya, remaja usia sekolah membutuhkan sosialisasi sejak dini tentang pencegahan perilaku kenakalan remaja. Jika tidak dilakukan pencegahan sejak dini maka dapat merugikan diri remaja tersebut maupun orang-orang di sekitarnya.

"Dengan adanya sosialisasi seperti itu,  juga menegaskan bahwa pemerintah daerah sebenarnya hadir dan turut andil dalam perkembangan anak-anak," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Linmas Satpol PP dan Damkar Kapuas, Nazmiannoor mengatakan, sosialisasi yang di laksanakan di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN)Kuala Kapuas, dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan fungsi dan peran Satpol PP dan Damkar sebagai penegak Perda dan Perkada serta pencegahan bahaya kebakaran dan pencegahan kenakalan remaja.

"Kita ingin bersama-sama menyelamatkan generasi bangsa kita, tidak ingin generasi bangsa terjebak dalam penyalahgunaan narkoba, tawuran dan kasus-kasus lainnya yang mengakibatkan hancurnya generasi bangsa.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada generasi bangsa  menjauhi hal-hal negatif. Selain itu, dengan hadirnya Satpol PP dan Damkar dapat membantu mendisiplinkan siswa dan siswi didik.

Baca juga: Pemprov Kalteng perluas pendistribusian beras subsidi kendalikan inflasi

Baca juga: Bupati Kapuas dorong KTNA terus konsisten tingkatkan kesejahteraan petani

Baca juga: Diskominfo Kapuas terima mahasiswa magang dari Uniska MAB Banjarmasin