Kemenperin-DPR RI tingkatkan kemampuan masyarakat dalam pengolahan kopi

id Kementerian perindustrian, kemenperin, pelatihan barista, pengolahan kopi, dpr ri, komisi VII dpr ri, mukhtarudin, golkar, sdm, sumber daya manusia, p

Kemenperin-DPR RI tingkatkan kemampuan masyarakat dalam pengolahan kopi

Para peserta pelatihan pengolahan dan penyajian kopi di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (4/2/2023). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Kementerian Perindustrian melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Industri (BPSDMI) dan Komisi VII DPR RI melaksanakan pendidikan dan pelatihan pengolahan dan penyajian kopi (barista) di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. 

"Kegiatan ini merupakan kolaborasi kami dengan Kementerian Perindustrian sebagai upaya peningkatan kualitas SDM dan industri kopi di Kota Palangka Raya," ujar Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalteng, Mukhtarudin, Senin. 

Dia mengatakan, kegiatan tersebut sangat diperlukan untuk menunjang industri pengolahan kopi yang cukup besar, khususnya di wilayah Kalimantan Tengah.

"Saya berharap kegiatan-kegiatan seperti ini semakin diperbanyak lagi, guna meningkatkan SDM di wilayah Kalimantan ini lebih produktif," ucap Kader Partai Golkar tersebut.

Dikatakannya, saat ini pemerintah telah menetapkan industri makanan-minuman sebagai salah satu dari tujuh sektor manufaktur yang diprioritaskan pengembangannya sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0. Maka dengan itu, perlu peningkatan kualitas SDM di sektor industri pengolahan kopi.

"Kebijakan pengembangan industri pengolahan kopi ini terus kita jalankan, antara lain melalui peningkatan kapasitas barista, hingga penguji cita rasa," ucapnya. 

Baca juga: Probowo ingin lanjutkan keberhasilan pemerintaha Jokowi dua periode

Mukhtarudin mendorong para pelaku industri kopi untuk memanfaatkan diklat batista ini untuk berinovasi dan menciptakan nilai tambah melalui penguatan penerapan teknologi, serta lainnya.

"Perkembangan Industri Kopi di Indonesia sangat bagus, dan seperti yang kita lihat di Kalimantan Tengah khususnya di Kota Palangka Raya sangat banyak kedai kopi atau kafe. Hal ini menjadi peluang menjanjikan bagi para barista profesional, baik sebagai tenaga kerja atau membuat usaha kedai kopi baru memanfaatkan kemampuannya," terang Mukhtarudin.

Baca juga: PBSI Palangka Raya seleksi puluhan atlet bersiap hadapi Porprov 2023

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng benarkan pemprov bakal ajukan raperda RTRWP 2023-2024

Baca juga: DPRD Kotim berharap Porprov Kalteng dilaksanakan sesuai rencana