Sejumlah harga komoditas pangan di Palangka Raya alami kenaikan

id Disperindag Kota Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,Samsul Rizal,Komoditas Pangan,Sejumlah harga komoditas pangan di Palangka Raya alami kenaikan

Sejumlah harga komoditas pangan di Palangka Raya alami kenaikan

Kabid Perdagangan di DPKUKMP Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Hadriansyah melakukan pemantauan harga sejumlah komoditas pangan di pasar tradisional kota setempat, beberapa waktu lalu. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Samsul Rizal membenarkan sejumlah harga komoditas pangan di Pasar Kahayan pada hari kelima Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah, mengalami kenaikan harga.

"Kenaikan sejumlah harga komoditas pangan tersebut yakni daging sapi, ayam broiler, ayam kampung dan telur ayam broiler," kata Samsul Rizal di Palangka Raya, Senin..

Adapun harga daging sapi saat ini per kilogramnya Rp160 ribu, sedangkan harga normalnya Rp135 per kilogramnya. Harga ayam broiler per kilogramnya Rp38 ribu, sedangkan normalnya Rp35 ribu per kilogram. Harga ayam kampung berada di angka Rp78 ribu per kilogram, yang harga normal hanya Rp70 ribu, dan harga telur ayam broiler di harga Rp2.300 per bijinya, sedangkan harga normalnya Rp1.800.

Samsul Rizal menuturkan, permintaan masyarakat terhadap sejumlah komoditas pangan di sejumlah pasar yang ada di daerah setempat cukup tinggi, itu disebabkan karenanya adanya hari keagamaan seperti bulan Ramadhan ini.

Permintaan masyarakat meningkat karena untuk kegiatan buka puasa bersama, sahur serta kegiatan lainnya. Meskipun permintaan masyarakat tinggi terhadap sejumlah komoditas pangan, tetapi stok komoditas pangan di Palangka Raya masih aman hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Untuk stok baik itu keperluan daging sapi, ayam broiler, ayam kampung dan telur broiler sampai saat ini aman dan stok masih tercukupi," katanya.

Baca juga: Wali Kota minta ASN Pemkot Palangka Raya tetap produktif selama Ramadhan

Dia menuturkan, untuk mencegah terjadi aksi penimbunan sejumlah komoditas pangan yang dapat mengakibatkan kenaikan harga DPKUKMP Kota palangka Raya juga terus melakukan pengawasan di pasaran.

Sejauh ini hal-hal negatif yang dikhawatirkan masyarakat dan pemerintah terkait penimbunan sejumlah komoditas tersebut, sama sekali tidak terjadi.

"Namun kami tetap saja selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk bekerja sama dalam melakukan pengawasan, ketika ada informasi terkait penimbunan masyarakat disarankan jangan ragu untuk melaporkan ke instansi terkait atau ke pihak kepolisian setempat," demikian Samsul Rizal.

Baca juga: Berikut pemetaan dapil dan alokasi kursi DPRD Palangka Raya pada Pemilu 2024

Baca juga: Menteri ATR sebut ada 305 kasus mafia tanah selama 2018-2020

Baca juga: Polda Kalteng jaga kamtibmas melalui program Patroli Ramadhan