Sekolah di Kotim didorong berinovasi memanfaatkan sumber daya alam

id Sekolah di Kotim didorong berinovasi memanfaatkan sumber daya alam, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, disdik kotim, pendidikan, irawati

Sekolah di Kotim didorong berinovasi memanfaatkan sumber daya alam

Wakil Bupati Irawati bersama guru dan siswi SDN 4 Ketapang dengan karya mereka serbuk bawang Dayak yang kini mulai dipasarkan. ANTARA/HO-Pemkab Kotim

Sampit (ANTARA) - Sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah didorong berinovasi menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat luas dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada. 

"Potensi sumber daya alam kita di Kotawaringin Timur ini masih sangat besar. Banyak yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan nilai tambah bagi kita dan orang lain. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan potensi itu," kata Wakil Bupati Irawati di Sampit, Minggu. 

Irawati mengaku sangat senang dan mengapresiasi sekolah-sekolah yang kreatif dan inovatif menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat luas. 

Selain manfaatnya bisa dinikmati siapa saja, inovasi itu juga sangat positif sebagai pembelajaran bagi peserta didik. Proses yang dilalui akan menjadi pengalaman berharga bagi anak-anak. 

Seperti saat membuka Musyawarah Daerah ke-9 Muhammadiyah Kabupaten Kotawaringin Timur belum lama ini, Irawati menyempatkan mengunjungi stan-stan yang ada di lokasi kegiatan. 

Salah satu stan yang cukup menarik perhatiannya adalah stan SDN 4 Ketapang yang menampilkan karya olahan minuman serbuk bawang Dayak. Stan ini menampilkan contoh bawang Dayak yang berbentuk tanaman hingga menjadi olahan serbuk maupun minuman. 

Bawang Dayak dipercaya memberikan berbagai manfaat, di antaranya membantu menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, obat sakit perut, antivirus, mencerahkan kulit, mencegah diabetes, memelihara kesehatan tulang dan lainnya. 

"Inovasi-inovasi seperti itu kan sangat bagus dan bermanfaat. Ini menjadi peluang besar karena belum tentu di daerah lain mempunyai potensi seperti di daerah kita ini," ujarnya. 

Irawati memotivasi seluruh sekolah untuk menghasilkan karya-karya yang membawa manfaat besar bagi masyarakat. Inovasi-inovasi tersebut juga sekaligus untuk memotivasi peserta didik untuk kreatif dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan bernilai ekonomi.