Erick Thohir : Garuda Muda membanggakan meski belum lolos Olimpiade

id Erick Thohir ,timnas indonesia,garuda muda,piala asia

Erick Thohir : Garuda Muda membanggakan meski belum lolos Olimpiade

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kanan) bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Arotedjo menyalami para pemain Timnas Indonesia U-23 usai laga melawan Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024 di Qatar, Senin (29/4/2024). (ANTARA/HO-PSSI.)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Erick Thohir mengatakan pencapaian Timnas Indonesia U-23 atau Garuda Muda pada Piala Asia U-23 sudah membanggakan Indonesia meskipun belum lolos ke Olimpiade Paris 2023.

"Garuda Muda membanggakan. Pencapaian Garuda Muda di Piala Asia U-23 begitu luar biasa," ujar Erick seperti dikutip dari akun instagram pribadi: @erickthohir di Jakarta, Jumat.

Erick mengemukakan hal itu usai Garuda Muda harus menerima kekalahan dengan skor 2-1 dari Irak dalam laga memperebutkan posisi ketiga Piala Asia U-23 pada Kamis (2/5) malam.

Baca juga: Garuda Muda tetap dibanggakan, kini siap hadapi Guinea

Ia mengatakan, Garuda Muda tampil sebagai tim debutan, tetapi mampu menjadi salah satu dari empat tim terbaik di kejuaraan tingkat Asia.

Seluruh masyarakat Indonesia, kata dia, juga bersatu mendukung pelatih Shin Tae-yong bersama anak asuhnya yang sudah berjuang keras untuk memberikan yang terbaik.
 
Para pemain timnas Indonesia U23 berfoto sesaat sebelum dimulainya pertandingan semifinal Piala Asia U23 kontra Uzbekistan di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha, Senin (29/4/2024). (Photo by Karim JAAFAR / AFP) (AFP/KARIM JAAFAR)

"Ini bukan akhir, melainkan babak baru sepak bola Indonesia yang bersih dan berprestasi," ujarnya.

Erick mengatakan, peluang Garuda Muda untuk bisa tampil pada Olimpiade Paris 2024 juga masih terbuka melalui laga melawan Guinea.

"Kita harus berjuang di pertandingan melawan Guinea," katanya.

Baca juga: Timnas Indonesia layak dipuji atas hasil selama Piala Asia U-23

Timnas Indonesia masih mengantongi satu peluang untuk bisa tampil dalam kompetisi olahraga tertinggi dunia di Paris melalui laga play off melawan wakil dari Afrika, Guinea, pada 9 Mei mendatang.

Guinea merupakan tim yang berstatus peringkat 4 Piala Afrika U-23 2023. Berdasarkan rangking FIFA yang dirilis pada April 2024, Guinea menempati peringkat ke-76 FIFA dengan 1.324,65 poin, sedangkan Indonesia berada di peringkat ke-134 FIFA dengan mengemas 1102,7 poin.

 

Baca juga: Indonesia U-23 tertunda raih tiket Olimpiade usai dikalahkan Irak

Baca juga: Klub Elkan Baggott selangkah lagi promosi ke Liga Premier

Baca juga: Pemain Irak: Indonesia adalah tim yang sangat kuat