Fraksi Demokrat Kotim tekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM

id Fraksi Demokrat Kotim tekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM, kalteng, dprd kotim, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, parningotan lumban gaol

Fraksi Demokrat Kotim tekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM

Ketua Fraksi Demokrat Kotim SP Lumban Gaol saat menyampaikan pandangan umum partai pada rapat paripurna, Senin (8/7/2024). ANTARA/Devita Maulina.

Sampit (ANTARA) - Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah menekankan pentingnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung pembangunan daerah.

“Sejalan dengan tujuan pembangunan daerah, maka peningkatan kualitas SDM harus menjadi perhatian pemerintah daerah. Agar SDM kita menjadi SDM yang sehat, berakhlak mulia dan berdaya saing dalam dunia kerja,” kata Ketua Fraksi Demokrat SP Lumban Gaol di Sampit, Rabu.

Hal ini ia sampaikan sehubungan dengan Rancangan Peraturan Daerah (raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 yang diusulkan Pemkab Kotim dengan visi misi untuk mewujudkan Kotim Unggul 2045.

Salah satu visi yang tertuang di dalamnya adalah maju dalam ekspansi transformasi pembangunan melalui kolaborasi peningkatan sumber daya manusia yang berdaya saing dan inovatif.

Serta, adaptif dalam menghadapi berbagai dinamika perkembangan baik regional, nasional, maupun internasional untuk mencapai kemajuan daerah. Dalam bahasa Dayak, disebut dengan habaring hurung ambet kasanang.

Dalam hal ini, Pemkab Kotim diharapkan menggenjot upaya peningkatan kualitas SDM, agar menjadi SDM yang handal,unggul ,inovatif ,adaptif dan kreatif melalui program-program yang menunjang segala lini pendidikan di Kotim, baik itu dari segi materil maupun non materil.

Baca juga: Bawaslu Kotim koordinasi dengan PN Sampit jelang pilkada

“Lapangan usaha, memantapkan supremasi hukum, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik, juga diperlukan untuk meningkatkan daya saing daerah serta pembangunan yang berkesinambungan,” ujarnya.

Terlepas dari itu, ia menyatakan Fraksi Demokrat mendukung visi misi pemerintah daerah untuk mewujudkan Kotim Unggul 2024, sebab menurutnya hal ini juga berdampak pada kesinambungan pembangunan di Kotim.

Oleh sebab itu, Fraksi Demokrat mengajak semua pihak untuk bersama-sama mencermati dan memberikan masukan dan solusi terbaik yang konstruktif serta membangun dalam pembahasan Raperda RPJPD 2025-2045 Kotim sebelum disahkan.

Sementara itu, Sekda Kotim Fajrurrahman menyampaikan terimakasih atas dukungan Fraksi Demokrat maupun fraksi lainnya terkait usulan Raperda RPJPD 2025-2045 Kotim.

Ia menjelaskan, UMKM, pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, pengangguran, sumber daya alam, sumber daya manusia, perubahan iklim, dan pendirian perguruan tinggi negeri di kota Sampit merupakan bagian misi dalam Raperda RPJPD 2025-2045 Kotim.

Kendati demikian, ia mengapresiasi setiap masukan yang disampaikan dan mengajak semua pemangku kepentingan untuk menyamakan visi untuk menyongsong Indonesia Emas 2045, Kalimantan Tengah Tangguh 2045 dan Kotim Unggul 2045.

Baca juga: Disdik Kotim sebut kuota murid di sekolah dalam kota terpenuhi

Baca juga: BPBD Kotim berharap OMC dapat tekan potensi karhutla

Baca juga: Bupati Kotim minta kades bantu sukseskan Pilkada 2024