Pj Bupati Kobar minta satlinmas terlibat aktif jaga keamanan di lingkungan masyarakat

id Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Pj Bupati Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Budi Santosa, Kotawaringin Barat, Kalteng

Pj Bupati Kobar minta satlinmas terlibat aktif jaga keamanan di lingkungan masyarakat

Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa memukul gong tanda dibukanya jambore satlinmas se-kabupaten kobar di Pangkalan Bun Park, Selasa Sore (24/9/2024). ANTARA/Prokom Kobar.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah Budi Santosa mengingatkan sekaligus menekankan bahwa Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), berperan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

"Jadi Satlinmas harus bisa menjadi mata dan telinga aparat keamanan, melakukan pencegahan dini terhadap potensi gangguan keamanan, ketentraman, dan ketertiban umum," kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Rabu.

Hal tersebut disampaikannya usai dirinya membuka secara resmi kegiatan Jambore Satlinmas tingkat Kabupaten tahun 2024, di Pangkalan Bun Park. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, yang di ikuti sebanyak 534 anggota Satlinmas dari 81 desa dan 12 kelurahan di Kabupaten Kobar.

Budi pun menilai dilaksanakan kegiatan jambore ini bertujuan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat mengenai peran Satlinmas yang kini lebih modern dan profesional.

"Satlinmas sekarang harus berinovasi, berwibawa, dan siap meningkatkan pelayanan publik di wilayah masing-masing," ucapnya.

Pj Bupati Kobar itu pun berharap jambore satlinmas ini menjadi yang pertama kali diselenggarakan di seluruh wilayah provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Budi menyampaikan, bahwa tema yang diusung dalam Jambore Satlinmas 2024 ini adalah 'Melalui Jambore Satlinmas Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat, Satlinmas Siap Mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024 serta Mewujudkan Karakteristik Profesional, Inovasi, dan Berwibawa'.

Baca juga: DP3AP2KB Kobar bentuk tim monitoring pelaksanaan KB serentak

"Tema itu mencerminkan harapan pemerintah daerah terhadap kesiapan anggota Satlinmas dalam mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024," disampaikannya.

Dia menambahkan, diharapkan melalui kegiatan jambore tersebut dapat memperkuat koordinasi antar anggota satlinmas di kabupaten Kobar dan mempersiapkan menghadapi berbagai tantangan yang mungkin timbul selama pilkada serentak mendatang.

"Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk meningkatkan keterampilan serta kapasitas anggota Satlinmas dalam melaksanakan tugas-tugas pengamanan dan pelayanan publik," demikian Budi Santosa.

Baca juga: Dispar terus motivasi warga jaga sanitasi dan kebersihan objek wisata di Kobar

Baca juga: Disperindagkop UKM optimalkan peran koperasi perkuat ekonomi dari sektor kehutanan

Baca juga: Desa Sabuai-Kotawaringin Barat lolos tiga besar tingkat regional 2024