PLBN Badau jadi pusat HUT Kemerdekaan di perbatasan RI-Malaysia

id Upacara Hut RI di perbatasan Indonesia - Malaysia

Spanduk pemberlakuan Kartu Identitas Lintas Batas terpasang di Pos Lintas Batas Negara Indonesia - Malaysia di Kecamatan Badau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat. (FOTO ANTARA/Timotius)

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) - Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia di daerah perbatasan Indonesia - Malaysia akan dipusat di komplek Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.
 
" Upacara HUT RI akan kami laksanakan di PLBN Badau yang akan dipimpin langsung oleh Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan," kata Sekretaris Panitia HUT ke - 74 RI, Kecamatan Badau, Edy Suharta, saat dihubungi ANTARA di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas, Jumat malam.
 
Ia menjelaskan secara keseluruhan persiapan upacara peringatan detik - detik proklamasi Kemerdekaan RI, sudah tidak ada masalah, mulai dari Paskibraka, TNI, Polri serta peserta upacara dan masyarakat di perbatasan yang siiap mengikuti upacara tersebut.
 
Menurut dia, dalam pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI tersebut, pihak panitia juga mengundang sejumlah pejabat dari Lubuk Antu, Malaysia.
 
" Ada beberapa pejabat dari Malaysia kami undang, sebagi bentuk keharmonisan kita sebagai negara tetangga yang masih satu rumpun," katanya.
 
Selain itu, upacara itu juga akan dihadiri pejabat atau petugas pemerintah yang berada di perbatasan, para tokoh masyarakat, tokoh adat, pelajar dan pihak perusahaan baik itu swasta maupun BUMN dan BUMD.
 
" Kami melihat animo masyarakat untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan sangat antusias, luar biasa tahun ini," katanya.
 
Kemeriahan HUT RI di perbatasan memang sudah dilaksanakan dari beberapa hari lalu, diisi dengan berbagai pertandingan dan perlombaan berupa olahraga rakyat, seperti sepak bola, bola voli, bulu tangkis dan sejumlah pertandingan lainnya yang memang diminati masyarakat perbatasan.
 
" Dari antusiasme masyarakat perbatasan sangat terlihat jiwa nasionalisme cinta tanah air masyarakat begitu kuat untuk keutuhan NKRI, semoga Indonesia semakin jaya dan pembangunan untuk daerah perbatasan semakin meningkat demi kesejahteraan masyarakat di beranda negara Indonesia tercinta," demikian Edy Suharta.

Baca juga: HUT Kemerdekaan di perbatasan undang pejabat dari Malaysia

Baca juga: Bea Cukai tertibkan Kartu Lintas Batas Indonesia-Malaysia

Baca juga: Menteri Basuki: PLBN Badau akan mengubah wajah perbatasan NKRI

Pewarta : Teofilusianto Timotius
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar