Belum ada pengukuran akurat soal kuakitas udara di Pantai Maju, namun pada hari kni, kualitas udara di Ibu Kota Jakarta sudah tidak sehat meski waktu masih menunjukkan pukul 06:00 WIB, dengan US Air Quality Index (AQI) atau indeks kualitas udara sebe
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) menyebut udara di Pulau D reklamasi atau  kini disebut Pantai Maju terasa lebih bersih dibandingkan Jakarta saat menghadiri upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74, Sabtu.

"Udara sih terasa lebih segar  ketimbang di Jakarta. Karena pertama kali ada kegiatan di sini ya udaranya masih bersih" ujar Muzzakir Fahmi, ASN dari Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi DKI Jakarta.

Muzzakir juga mengaku merasa nyaman berjalan kaki saat turun dari Metrotrans di Ring Park SVE 27 dengan udara yang berbeda dari yang dihirup biasanya.

Senada dengan Arum Alamratri, ASN dari Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta. Saat menghadiri upacara, dia tampak melepas maskernya.

Baca juga: Pemprov DKI siap gelar upacara bendera di Pulau D Reklamasi

Baca juga: Anies jadikan HUT Kemerdekaan di pulau reklamasi sebagai simbol

Baca juga: Perkara izin reklamasi pulau H, M, I, F masih diproses di PTUN


"Kalau udaranya sih bagus. Meski berangkat dari jam 05.30, saya sudah pakai masker dari Jakarta, sekarang saya lepas," ujar dia.

Belum ada pengukuran akurat soal kuakitas udara di Pantai Maju, namun pada hari kni, kualitas udara di Ibu Kota Jakarta sudah tidak sehat meski waktu masih menunjukkan pukul 06:00 WIB, dengan US Air Quality Index (AQI) atau indeks kualitas udara sebesar 153 dan konsentrasi parameter PM2.5 sebesar 59 ug/m3.

Pantauan ANTARA, ribuan ASN datang menggunakan puluhan angkutan massal seperti Metrotrans, mobil dinas, hingga bus sekolah gratis dari 12 titik keberangkatan di Jakarta.

Hal itu ditujukan guna mengurangi polusi udara yang diakibatkan penggunaan kendaraan pribadi untuk mengangkut empat ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai peserta upacara.

Anies telah mengeluarkan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 71 dan 72 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019.

Dalam instruksi itu, ASN dari lima wilayah kota administratif wajib mengikuti upacara di pulau reklamasi.


 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019