Upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Norwegia di dalam ruangan

id Oslo

Udara yang dingin disertai angin kencang dan hujan deras tidak menyurutkan minat dan antusiasme masyarakat untuk datang ke Wisma Indonesia di Oslo mengikuti upacara bendera yang pada tahun ini dilaksanakan di dalam ruangan. (ANTARA)

London (ANTARA) - Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya merupakan hari yang dinantikan oleh seluruh masyarakat Indonesia, tidak terkecuali dengan masyarakat Indonesia yang berada di kota Oslo, Norwegia pada tanggal 17 Agustus 2019.

Udara yang dingin disertai angin kencang dan hujan deras tidak menyurutkan minat dan antusiasme masyarakat untuk datang ke Wisma Indonesia di Oslo untuk mengikuti upacara bendera HUT Ke-74 Kemerdekaan RI pada tahun ini dilaksanakan di dalam ruangan.

Duta Besar Republik Indonesia Todung Mulya Lubis mengatakan sangat disayangkan upacara peringatan hari kemerdekaan tahun ini terpaksa dilakukan di dalam aula Wisma Indonesia karena faktor cuaca. :Namun, kami juga gembira melihat banyak masyarakat dan diaspora yang hadir dan antusias merayakan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, katanya pula.

Fungsi Pensosbud KBRI Oslo, Nina Evayanti kepada Antara London, Minggu, mengatakan suasana upacara peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia berjalan khidmat dan syahdu. Selain menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, masyarakat juga menyanyikan berbagai lagu nasional seperti 17 Agustus, Satu Nusa Satu Bangsa, dan Garuda Pancasila.

Sajian tumpeng nasi kuning menambah semarak dan hangat suasana. Seusai upacara, Dubes Todung Mulya Lubis melangsungkan prosesi tumpengan dan secara simbolis menyerahkan kepada perwakilan masyarakat Indonesia di Norwegia.

Dubes Todung Mulya Lubis mengatakan momen Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia ini dapat dimaknai oleh masyarakat Indonesia dimana pun termasuk di Norwegia dan Islandia untuk dapat lebih berkontribusi positif bagi bangsa Indonesia.
Baca juga: Pesta rakyat jadi ajang promosi Indonesia di Oslo

Dubes Todung mengatakan sesuai dengan tema HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju, ia berharap diaspora Indonesia bisa ikut menyumbang bagi kemajuan bangsa/

Selain upacara dan makan siang bersama, kegiatan peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Norwegia pada tanggal 17 Agustus 2019 juga diisi dengan sejumlah pertandingan olahraga, yaitu tenis meja, domino, dan dart. Selain itu, KBRI Oslo juga akan menggelar pesta rakyat, 24 Agustus mendatang.

Ketua Panitia HUT Ke-74 Kemerdekaan RI KBRI Oslo, M Bayu Dewanasti mengatakan pesta rakyat yang digelar setiap tahun ini merupakan ajang silaturahmi dan berpesta bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Baca juga: Balap karung dan lomba makan kerupuk di Oslo

Acara ini diadakan dari masyarakat Indonesia untuk masyarakat Indonesia, ujar Bayu Dewanasti.

Dalam pesta rakyat, masyarakat dapat ikut serta dalam berbagai lomba tradisional khas 17 Agustus dan juga berkesempatan untuk membuka stan bazar makanan, produk pariwisata atau produk kuliner, serta menikmati musik live.

"Kami berharap seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI dapat dinikmati masyarakat Indonesia yang berada di Oslo, dan meningkatkan tali persaudaraan dan keakraban di antara seluruh masyarakat dan diaspora Indonesia di Norwegia," demikian Bayu.

 


Pewarta : Zeynita Gibbons
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar