Jamaah haji kloter 03 debarkasi Hasanuddin tiba di Makassar

id Jamaah Haji Kloter 03 Debarkasi Hasanuddin Makassar Tiba 

Sekretaris PPIH Debarkasi Hasanuddin, Makassar H Kaswar Sartono (kanan) di sela-sela penerimaan Jamaah Haji Kloter 7 di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Minggu (2/9/2018). (Foto Humas Kanwil Kemenag Sulsel)

Makassar (ANTARA) - Jamaah haji kloter 03 Debarkasi Hasanuddin yang kembali ke Tanah Air  menggunakan pesawat Garuda Indonesia Air Lines dengan nomor penerbangan GA 1203 Boeing 747 4H6 telah tiba di Makassar.

"Untuk kloter 03 Debarkasi Makassar telah tiba dengan selamat dan siap untuk kembali ke kampung halamannya masing-masing," ujar Wakil Sekretaris PPIH Embarkasi Hasanuddin,  Solihin di Makassar, Selasa.

Pesawat  membawa jamaah Kloter 03 merupakan gabungan dari tiga daerah yaitu Kota Makassar yang berjumlah 73 orang, jamaah asal Kabupaten Sinjai berjumlah 242, sedangkan jamaah Kota Parepare sebanyak 135 orang ditambah 5 petugas dengan jumlah total 455.
Baca juga: Kloter pertama jamaah haji debarkasi Surabaya tiba di Tanah Air

Solihin menyatakan pada rombongan kloter 03 Debarkasi Makassar (UPG 03) Jumlah ini sama dengan saat keberangkatan mereka ke Tanah Suci, Selasa (9/7/2019).

Kedatangan Jemaah haji Kloter 3 Debarkasi Makassar, Sulawesi Selatan mengalami keterlambatan sekitar satu jam karena padatnya penerbangan di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

"Mereka semua sudah menjalani rukun hajinya dan mereka berada di Arab Saudi selama sekitar 40 hari," katanya.
Baca juga: 11 kloter jamaah haji tiba di tanah air pada Minggu

Seluruh Jemaah Haji Kloter 3 UPG ini selanjutnya diangkut menggunakan Bus Damri menuju Asrama Haji Sudiang untuk selanjutnya akan dilakukan prosesi penerimaan secara resmi oleh PPIH Debarkasi Haji Makassar dan selanjutnya diserahkan Kepada PPIH Tingkat Kabupaten/Kota bertempat di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang, Makassar.

Salah satu yang menjadi pemandangan menarik hampir seluruh jamaah haji sudah mengenakan pakaian kebesaran haji khas Bugis-Makassar seperti jubah yang mejadi ciri khas pakaian seorang perempuan suku bugis yang telah berstatus Hajja.

Sedangkan jamaah haji laki-laki walaupun sederhana namun mereka juga tidak mau kalah untuk menampilkan busana yang menunjukkan bahwa mereka adalah haji baru. Busana Arab (Gamis) yang biasanya disebut mirip busana Raja Salman juga dikenakannya.
Baca juga: Jamaah haji Kota Madiun tiba di Tanah Air dengan jumlah utuh

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar