Brasilia (ANTARA) - Presiden Brazil Jair Bolsonaro mengatakan, Jumat, tentara dapat dikerahkan untuk memadamkan kebakaran yang melanda hutan hujan tropis Amazon.

Sementara itu, masyarakat internasional mengeluarkan kecaman dan seruan agar tindakan segera diambil untuk mengatasi krisis tersebut.

Bolsonaro mengatakan di Brasilia bahwa ia akan bertemu para menteri pada Jumat malam guna membahas langkah-langkah untuk mengatasi kebakaran dan mengerahkan tentara.

Para pemimpin Inggris dan Prancis menambah daftar pemimpin internasional yang menyampaikan keprihatinan.

Kantor Presiden Prancis Emmanuel Macron menuding Bolsonaro berbohong ketika ia mengabaikan keprihatinan mengenai perubahan iklim di KTT G20 pada Juni.

Seorang wanita juru bicara Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan pemimpin pemerintahan negara itu "sangat prihatin" atas kebakaran tersebut dan "dampak yang ditimbulkan dari kerugian besar habitat yang berharga ini."

Johnson disebukan akan menggunakan KTT pemimpin G7 pekan ini untuk menyerukan fokus baru mengenai perlindungan alam.

Kebakaran di Amazon sudah meningkat 83 persen sejauh ini tahun 2019 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, menurut data pemerintah. Kebakaran tersebut menghancurkan wilayah luas hutan, yang vital untuk melawan perubahan iklim global.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kebakaran hutan Amazon dikhawatirkan picu lonjakan emisi karbon global

Baca juga: Presiden Brazil tuduh NGO pelaku pembakaran hutan Amazon

 

Kebakaran di Taman Nasional Gunung Ciremai sulit dipadamkan

Penerjemah: Mohamad Anthoni
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2019