Kota Padang juga sedang menyiapkan teknologi informasi kebencanaan
Padang, (ANTARA) - Wali Kota Padang Mahyeldi tampil menjadi pembicara pada 5th ASEAN Mayors Forum yang mengangkat tema Driving Local Action for Sustainable and Inclusive Growth di United Nations Conference Centre (UNCC) Bangkok, Thailand, Senin.

Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Suardi melalui pesan singkat yang diterima di Padang, Senin, mengatakan 5th ASEAN Mayors Forum (AMF) dibuka secara resmi Minister of Interior The Kingdom of Thailand. H.E. General Anupong Paochinda.

Ia menyampaikan 5th AMF bermakna bagi pemerintah kota di negara-negara ASEAN dalam peningkatan pelayanan dan kenyamanan warga sehingga perlu pemahaman dan upaya bersama dalam mewujudkannya.

Lebih lanjut Suardi mengatakan, saat menjadi pembicara pada 5th AMF, Wali Kota Mahyeldi menyampaikan Program Pariwisata dan Mitigasi Bencana di Kota Padang.

Baca juga: Wali Kota Padang sebut pemerintahan sumbing tanpa DPRD

Beberapa poin diantaranya pengembangan objek wisata berbasis mitigasi bencana, karena Kota Padang merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia dan juga merupakan daerah rawan bencana.

Untuk itu, diperlukan pemahaman mitigasi bencana bagi pelaku wisata, pengelola pariwisata dan warga Kota Padang secara keseluruhan, ujarnya.

“Kota Padang juga sedang menyiapkan teknologi informasi kebencanaan untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana dan teknologi informasi tersebut untuk memberikan pemahaman kepada seluruh pihak, baik wisatawan, pengelola pariwisata, hotel dan warga Kota Padang sendiri," katanya.

5th AMF bertema “Driving Local Action for Sustainable and Inclusive Growth” dilaksanakan pada 26-28 Agustus 2019 juga membahas isu-isu strategis seperti pengentasan kemiskinan, infrastruktur dan konektivitas, pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, produksi dan konsumsi berkelanjutan, serta ketahanan yang menyangkut pembangunan masyarakat komunitas ASEAN.

AMF) atau Forum Wali Kota ASEAN dibentuk pada 2011 ketika Wali Kota Visioner di Asia Tenggara bertemu untuk pertama kalinya di Surabaya, Indonesia, untuk menunjukkan pentingnya kontribusi lokal terhadap integrasi regional ASEAN.

Baca juga: Wali Kota Padang: Jangan coba-coba memungli saat libur Lebaran

Forum ini telah menjadi terkenal sejak 2015, dengan digelarnya pertemuan AMF secara berturut-turut untuk membahas pembangunan komunitas ASEAN dan bagaimana Wali Kota berperan membantu percepatan kemajuan dan manfaatnya bagi warga negara.

Turut mendampingi Wali Kota Mahyeldi Kepala BPBD Edi Hasymi, Kepala Bapedda Medi Iswandi dan Kabag Kerja sama Erwin.
 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019