Mantan Pimpinan DPRD Kepri langsung kembalikan mobil dinas

id DPRD Kepri

Ketua DPRD Kepri periode 2014-2019 mencium kap mobil dinas yang pernah dikendarainya saat prosesi pengembalian mobil tersebut kepada Sekretariat DPRD Kepri. (Istimewa)

Tanjungpinang (ANTARA) - Mantan Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau masa bakti 2014-2019 Jumaga Nadeak dan Wakil Ketua Rizki Faisal langsung mengembalikan mobil dinas ke Sekretariat DPRD setempat, seusai sidang paripurna di DPRD Kepri, Senin.

Peristiwa pengembalian mobil dinas itu diwarnai dengan aksi unik Jumaga. Ketua DPRD Kepri periode ketiga itu memeluk mobil dengan nomor polisi BP 5.

Ia pun sempat mencium kap mobil berkelir hitam itu. “Lima tahun aku sama dia (mobil dinas). Dia menemaniku sepanjang hari kerja,” kata Jumaga kepada sejumlah wartawan yang meliput acara tersebut.

Baca juga: Fungsi pengawasan DPRD Kepri perlu ditingkatkan

Mobil keluaran Toyota itu, katanya menjadi saksi bisu suka dan duka selama menjabat sebagai Ketua DPRD Kepri. Bahkan, sambungnya, banyak rahasia Pemerintah Kepri ini tersimpan rapi di dalam mobil itu.

“Lima tahun ini, aku sudah diantar ke mana-mana dan tidak pernah celaka. Sekarang harus berpisah,” katanya sambil tersenyum.

Selanjutnya, untuk operasional sehari-hari, Jumaga akan menggunakan kendaraan pribadi miliknya di Batam. Sedangkan untuk operasional di Tanjungpinang, Jumaga bisa menggunakan kendaraan antarjemput milik Sekretariat DPRD Kepri atau menumpang kendaraan rekan-rekannya.

“Saya bukan Ketua lagi. Jadi ya kembali seperti anggota biasa lagi. Biasa aja kok,” katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Rizki Faisal mengatakan bahwa inisiatif mengembalikan mobil ini memang sudah jauh-jauh hari direncanakan.

“Mobil ini diberikan kepada pimpinan. Sekarang saya bukan pimpinan, ya saya kembalikan,” katanya, yang juga Bendahara DPW PDIP.

Sama seperti Jumaga, Rizki akan menggunakan kendaraan pribadinya untuk beraktivitas sehari-hari. Sedangkan operasional di Tanjungpinang, ia biasa menumpang kendaraan milik rekan-rekannya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah tentang Hak Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD, yang berhak mendapat kendaraan dinas hanyalah pimpinan. Sedangkan anggota tidak mendapat jatah kendaraan operasional.

Baca juga: DPRD Kepulauan Riau periode 2014-2019 pamit

Untuk DPRD Kepri, empat pimpinannya mendapat fasilitas mobil jenis sedan. Sedangkan pimpinan sementara DPRD, akan mendapat fasilitas yang sama.

Saat ini, Ketua Sementara DPRD Kepri dari PDIP Lis Darmansyah, sedangkan wakil ketua sementara dari Golkar, Asmin Patros.

Pewarta : Nikolas Panama
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar