Beberapa waktu lalu memang kami mengalami defisit daya untuk di Kabupaten Merauke, akan tetapi kini sudah surplus daya..
Jayapura (ANTARA) - PLN Unit Wilayah Papua dan Papua Barat melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Merauke terus meningkatkan pelayanan melalui penggunaan energi baru terbarukan (EBT).

Manajer UP3 PLN Merauke Didik Krismanto kepada Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan salah satu upaya yang dilakukan pihaknya yaitu dengan membangun pembangkit skala besar di Merauke guna memasok kebutuhan listrik.

"Tidak hanya itu, PLN pun terus memanfaatkan EBT salah satunya di Merauke yang diupayakan tahun ini dapat beroperasi yaitu PLTBM (Pembangkit Listrik Tenaga Bio Massa) dengan kapasitas 3,5 MW," kata Didik Krismanto.
Baca juga: PLN UIP Papua bantu pembangunan jalan akses gereja di Merauke

Menurut Didik, PLN pun terus mendukung penggunaan barang-barang elektronik yang aman, di mana listrik merupakan salah satu faktor pertumbuhan ekonomi kini.

"Beberapa waktu lalu memang kami mengalami defisit daya untuk di Kabupaten Merauke, akan tetapi kini sudah surplus daya sehingga kepada pelaku usaha tidak perlu khawatir lagi untuk pasokan listrik di Kota Rusa ini," ujarnya.
Baca juga: PLN Papua padamkan listrik di titik-titik terbakar

Senada dengan Didik Krismanto, Bupati Merauke Frederikus Gebze mengatakan pemerintah daerah mengapresiasi kepada PLN di mana di Merauke ini, PLN telah mendesain untuk ketersediaan listrik agar tidak mengalami kekurangan pasokan.

"Kini di Merauke sendiri terus mengalami peningkatan dalam pemakaian tenaga listrik dan itu merupakan tugas PLN untuk dapat menyediakan pasokan listrik di Kota Rusa," kata Frederikus Gebze.
Baca juga: PLN Papua pastikan kondisi listrik aman pascaricuh

Dalam menjaga hubungan baik antara PLN dengan pelanggan, PLN UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Merauke melangsungkan kegiatan Temu Pelanggan (Customer Gathering) bertemakan “Electricity for Merauke Economic Growth”, kegiatan tersebut dihadiri oleh para pelanggan potensial dan stakeholder di Merauke.

Baca juga: PLN Papua antisipasi lonjakan kebutuhan listrik selama PON 2020

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019