Ratusan orang bersihkan perairan Dumai dari sampah plastik

id sampah plastik, bersih pantai, berita dumai, perairan dumai, sampah dumai

Ilustrasi. Sejumlah peserta membersihkan sampah pada kegiatan Gerakan Bersih Laut dan Pantai yang merupakan rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) (ANTARAFOTO/Adiwinata Solihin)

Dumai (ANTARA) - Sekitar 600 orang dari berbagai instansi kemaritiman, perusahaan kepelabuhanan serta masyarakat turun ke Dermaga D Pelindo I Cabang Dumai untuk memungut sampah berserakan, dan sebagian lagi memungut sampah di laut dengan menaiki kapal, Kamis.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai Sanggam Marihot usai kegiatan meminta kesadaran semua unsur di  sektor kepelabuhanan agar peduli menjaga lingkungan sekitar pantai dari sampah, terutama limbah plastik yang mengotori areal pantai di Pelabuhan Pelindo I Cabang Dumai.

"Target kita hingga Tahun 2025 pantai bersih dari sampah, sesuai instruksi dari Dirjen Perhubungan Laut, dan diharap partisipasi semua pihak meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan pantai dan laut," kata Sanggam.

Aksi pungut sampah yang merupakan  kegiatan bersih laut dan pantai ini bagian dari kegiatan serentak di 260 titik pelabuhan di bawah Dirjen Perhubungan Laut dan masuk Rekor MURI. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019.

Dijelaskan dia, KSOP juga akan membuat edaran kepada operator kapal dan pengguna jasa kepelabuhanan agar tidak membuang sampah sembarangan di laut dan pantai.

Baca juga: Kemenhub berkomitmen bersihkan sampah di laut

Keberadaan tong atau bak sampah juga diharapkan tersedia di areal pelabuhan dan sekitar pantai supaya sampah tidak dibuang sembarangan oleh orang yang berkepentingan di kawasan Pelindo, kata dia.

Sementara, Kepala Distrik Navigasi Kelas I Dumai Raymon Sianturi menyebutkan, momen ini bertujuan untuk menggerakkan semua pihak membudayakan bersih sampah.

Menurutnya, Perhubungan Laut sudah lama mengkampanyekan bersih laut dan pantai, dan kali ini dikerahkan 600 orang untuk memungut sampah di Dermaga D Pelindo sisi darat, dan di laut dengan menurunkan sejumlah kapal dan Sea Rider milik beberapa instansi terkait.

"Harus ada upaya menggerakkan masyarakat membersihkan limbah plastik, dan membudayakan agar sampah tidak lagi dibuang ke laut, momen Harhubnas 2019 sekaligus mengkampanyekan kebersihan laut dan mencegah terjadi pencemaran limbah plastik di laut dan pantai," kata Raymon.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai Satrio Wibowo mengimbau pengguna jasa di kepelabuhanan agar  bersama-sama mengurangi penggunaan plastik.

"Pemerintah Dumai apresiasi kegiatan bersih laut dan pantai ini untuk mendorong kontribusi mengurangi dampak limbah plastik pada lingkungan dan laut, sekaligus upaya nyata edukasi ke masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di laut dan berperilaku hidup bersih," kata Satrio.

Baca juga: Empat ton sampah terkumpul pada Gerakan Bersih Laut-Pantai Gorontalo
 

Pewarta : Abdul Razak
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar