Kami sejumlah menteri datang kemari untuk memberikan dukungan kebangkitan pariwisata Nias
Nias Selatan (ANTARA) - Pemerintah memberikan dukungan penuh kepada pengembangan pariwisata di Kepulaun Nias, Sumatera Utara, mengingat destinasi wisata khususnya wisata bahari di daerah itu sangat layak menjadi tujuan wisata dunia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan pada acara puncak Sail Nias 2019 di Dermaga Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Nias Selatan, Sabtu, mengatakan, sektor pariwisata sangat penting untuk terus dikembangkan, karena merupakan salah satu penopang peningkatan perekonomian.

Bahkan Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa salah satu pilar pertumbuhan Indonesia saat ini adalah sektor pariwisata dan Nias termasuk didalamnya, yang memang banyak memiliki destinasi wisata terutama destinasi wisata bahari.

Baca juga: 8 Duta Besar hadiri Sail Nias 2019

Presiden sendiri pada tahun 2016 saat datang ke Gunungsitoli, Nias, menitipkan pesan kepada kepala daerah setempat agar fokus pada potensi yang ada di Nias yakni fokus pariwisata dan perikanan.

"Itu mengapa pemerintah akan mendukung penuh pengembangan pariwisata di Nias, seperti yang dilakukan melalui Sail Nias ini yang juga dirangkai dengan kejuaraan selancar internasional di Pantai Sorake," katanya.

Untuk itulah ia mengajak masyarakat di Nias untuk sama-sama menyiapkan diri terutama dalam hal menyambut investor dalam bidang pariwisata yang datang ke Nias.

'Kami sejumlah menteri datang kemari untuk memberikan dukungan kebangkitan pariwisata Nias. Ayo kita siapkan diri kita menyambut datangnya wisatawan dengan senyum dan tentu juga dengan keramahtamahan," katanya.

Puncak acara Sail Nias 2019 akan digelar di Pelabuhan Baru, Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, yang juga dimeriahkan penampilan kesenian, demo udara, parade sampan nelayan, dan terjun payung.

Penyelenggaraan Sail Nias 2019 melibatkan empat kabupaten dan satu kota di Pulau Nias yakni Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Selatan, Nias Barat, Nias, dan Nias Utara.

Sail Nias 2019 merupakan acara layar ke-11 yang digelar Pemerintah Indonesia sejak 2009. Meski telah dikenal dunia sebagai titik selancar nomor dua setelah Hawaii, Nias diharapkan akan lebih banyak dikenal dan dikunjungi wisatawan setelah perhelatan tersebut.

Selain acara puncak pada 14 September 2019, rangkaian kegiatan Sail Nias telah dimulai Mei lalu dengan yacht rally. Selain itu, akan ada festival lompat batu se-Kepulauan Nias, parade kapal nelayan tradisional, gebyar kopi, hingga lomba voli pantai.

Baca juga: Pemda di Kepuluan Nias diminta terus kembangkan sektor pariwisata
Baca juga: Kemkominfo ajak masyarakat jadi pelopor promosi wisata Nias

Pewarta: Juraidi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019