Persebaya pun harus berhitung ekstra untuk melakukan tambahan pemain
Surabaya (ANTARA) - Persebaya Surabaya mencoret dua pemain asingnya, Damian Lizio dan Manuchehr Jalilov, di bursa transfer kedua Liga 1 musim kompetisi 2019.

Dikutip dari laman resmi klub, Selasa, dilepasnya kedua pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut setelah melalui proses evaluasi di putaran pertama lalu.

Slot pemain asing di tim berjuluk "Bajul Ijo" tersebut yaitu Jalilov digantikan Diogo Campos asal Brazil, dan Damian Lizio diisi oleh Aryn Williams asal Australia.

Baca juga: Maksimalkan putaran kedua, Persebaya hadirkan Diogo Campos

Dengan demikian maka pengisian kuota pemain asing Persebaya sudah tuntas, yaitu Otavio Dutra (posisi bek), David Da Silva (striker), Aryn Williams (gelandang) serta Diogo Campos (gelandang).
 
Pemain asing Diogo Campos Gomes (kiri) bersama pemain asing Persebaya David Da Silva (tengah) dan Otavio Dutra (kanan) usai berlatih di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (16/09/2019). (Foto Istimewa)


Khusus Dutra, sampai saat ini statusnya belum resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) karena masih diproses sehingga terjadi tarik ulur posisinya sebagai pemain asing atau lokal.

Menurut Manajer Persebaya Candra Wahyudi, banyaknya pemain Persebaya yang bergabung di timnas Indonesia untuk semua kelompok umur menjadi sorotan karena harus absen membela klub.

"Bukan hanya timnas Indonesia, tapi Manuchehr Jalilov juga di timnas Tajikistan. Sehingga tim pelatih bersama manajemen harus benar-benar hati-hati dalam membuat keputusan," ujarnya.

Padahal, kata dia, pada putaran kedua ini cukup banyak agenda FIFA Matchday, tepatnya pada Oktober dan November sehingga akan banyak pemain Persebaya yang disibukkan dengan jadwal di timnas.

"Persebaya pun harus berhitung ekstra untuk melakukan tambahan pemain. Menambah pemain yang tergabung timnas maka kekuatan Persebaya akan semakin tereduksi dan semakin besar saat ada FIFA Matchday," katanya.

Baca juga: Persebaya kuasai puncak jumlah penonton Liga 1, Bhayangkara sebaliknya

Dengan kondisi itulah, lanjut dia, maka Persebaya memutuskan mencoret nama Manuchehr Jalilov dari daftar pemain yang didaftarkan ke PT Liga Indonesia Baru (LIB).

"Karena, jika Jalilov tetap di Persebaya, saat ada FIFA Matchday maka ada sekitar tujuh sampai delapan pemain yang bakal absen membela tim," katanya.

Di Timnas Indonesia, untuk level senior terdapat empat pemain asal Persebaya yaitu Ruben Sanadi, Irfan Jaya, Hansamu Yama serta Otavio Dutra yang sudah sempat mengikuti pemusatan latihan, tapi harus dipulangkan karena status naturalisasinya belum pasti.

Lalu, ada Osvaldo Haay dan Rachmat Irianto di Timnas U-22, ditambah empat pemain Timnas U-19 yaitu Ernando Ari Sutaryadi, M Supriadi, Brylian Negietha Dwiki Aldama dan Rizky Ridho Ramadhani.

Baca juga: Persebaya ingin akhiri putaran pertama dengan manis meski pincang
 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019